... tetapi kami hanya akan mengumumkan hasilnya jika telah diverifikasi dan juga dikuatkan... "
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Satu tim investigasi internasional telah disetujui akan dibentuk oleh kabinet Malaysia Rabu untuk menyelidiki insiden hilangnya penerbangan MH370, kata pejabat Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein, Rabu.

"Tujuan utama Tim Internasional adalah untuk mengevaluasi, menyelidiki dan menentukan penyebab sebenarnya insiden tersebut sehingga insiden seperti itu bisa dihindari di masa depan," kata dia.

Dia juga mengatakan investigasi tidak akan mencakup aspek-aspek kriminal yang ada di bawah peninjauan polisi.

Ketika ditanya Xinhua mengenai laporan media setempat bahwa tim investigasi mungkin mempertimbangkan kemungkinan bahwa pesawat telah mendarat di suatu tempat yang berakhir di Samudera Hindia Selatan, dia katakan, "Tidak, sejauh pendaratan dikhawatirkan, sejak awal pencarian kami, ada spekulasi mengenai pesawat mendarat dengan selamat di Nanning, tetapi itu tidak benar."

"Jadi, pada dasarnya, kami tetap berpegang pada pendapat kami. Setiap arahan akan ditindaklanjuti, tetapi kami hanya akan mengumumkan hasilnya jika telah diverifikasi dan juga dikuatkan," kata dia.

Ketika ditanya apakah data satelit Inmarsat akan dipertimbangkan kembali, dia mengatakan "berdasarkan data satelit, seperti saya katakan, saya berasumsi dan saya tidak berbicara untuk perdana menteri Australia, kapan kami harus menghimpun dan mengatur strategi kembali, itu adalah masalah untuk melihat semua data, apakah itu satelit, atau radar."

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014