Leverkusen (ANTARA News) - Bayer Leverkusen menang 2-1 atas Werder Bremen untuk mengubur asa Liga Champions pesaing mereka VFL Wolfsburg.

Hasil laga penutup Bundesliga musim 2013-2014 tersebut membuat Leverkusen menempati peringkat empat klasemen dengan 61 poin guna meraih tiket babak playoff Liga Champions 2014-2015.

Dua gol sundulan yang dicetak pemain bertahan Omer Toprak pada menit 33 dan sayap kiri Son Heung-min pada menit 53 sukses membawa Leverkusen membalikkan keadaan setelah sempat tertinggal akibat gol gelandang serang Bremen, Theodore Gebre Selassie, pada menit 21.

Bukan hanya merebut kemenangan atas Bremen, gol Heung-min juga mengubur impian Wolfsburg, yang sempat unggul dalam perebutan tiket terakhir sebagai wakil Jerman ke Liga Champions, setelah menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 lewat gol Kevin de Bruyne pada menit 30.

Sempat disamakan 1-1 oleh Monchengladbach lewat gol Christoph Kramer pada menit 64, Wolfsburg akhirnya tetap menang 3-1 lewat gol tambahan Ivan Perisic pada menit 68 dan Robin Knoche menit ke-81.

Meski demikian, kemenangan di Volkswagen Arena gagal memberi Wolfsburg tiket Liga Champions karena hasil lain di BayArena, Leverkusen menang 2-1 atas Bremen.

Klasemen akhir yang ditampilkan Bundesliga.com memperlihatkan Leverkusen mengantongi 61 poin sedangkan Wolfsburg 59 poin, secara berurutan kedua tim itu berada di peringkat empat dan lima.

Hasil tersebut, membuat Leverkusen berhak mengantongi tiket playoff Liga Champions Eropa musim mendatang. Selain Leverkusen tiga tim teratas Bundesliga, Bayern Munchen, Borussia Dortmund dan Schalke 04 juga telah memastikan tempat mereka di fase grup Liga Champions mendatang.

Sementara Wolfsburg akan langsung memperoleh tiket ke fase grup Liga Europa musim mendatang.

Jalannya pertandingan

Tim asuhan Sascha Lewandowski, memasuki laga dengan tuntutan harus menang untuk mengamankan tiket ke Liga Champions.

Akan tetapi, publik BayArena justru dikejutkan oleh sebuah gol tim tamu yang dicetak Gebre Selassie pada menit 21.

Gelandang serang itu memanfaatkan umpan yang dikirimkan penyerang Aaron Hunt ke tengah lapangan, dengan menendang bola ke sudut kiri bawah gawang yang gagal dijangkau penjaga gawang Bernd Leno.

Tertinggal 0-1 Leverkusen justru berusaha keluar dari tekanan dan menyusun skema serangan untuk mengejar ketertinggalan.

Tendangan sepak pojok pada menit 33 diambil Heung-min untuk diberikan kepada Emre Can yang berdiri bebas.

Emre Can segera mengirim bola ke tengah lapangan untuk disambut Omer Toprak yang menyundulnya dan mengarahkan ke sudut kiri atas gawang Bremen.

Bola sundulan Toprak tidak mampu dicegah penjaga gawang Raphael Wolf sehingga menyamakan kedudukan 1-1 yang bertahan hingga turun minum, dan Leverkusen masih terancam membuang kesempatan mengamankan tiket Liga Champions.

Heung-min menyarangkan gol yang mengamankan Leverkusen delapan menit setelah memasuki lapangan di babak kedua pada menit 53.

Gol ketiga Leverkusen tidak pernah datang meskipun mereka terus menyerang. Meski demikian hasil 2-1 sudah cukup memberi mereka tiket ke Liga Champions dengan menempati peringkat empat klasemen akhir Bundesliga 2013-2014, meninggalkan Wolfsburg di peringkat lima.

Susunan pemain
Bayer Leverkusen (4-2-3-1)
: Bernd Leno (penjaga gawang); Giulio Donati, Omer Toprak, Emir Spahic, Sebastian Boenisch; Lars Bender (Simon Rolfes), Emre Can, Julian Brandt (Sidney Sam), Gonzalo Castro, Son Heung-min; Eren Derdiyok (Phillip Wollscheid)

Werder Bremen (4-1-2-1-2): Raphael Wolf (penjaga gawang); Clemens Fritz, Sebastian Prodl, Lucas Caldiroia, Santiago Garcia; Philip Bargfrede (Felix Kroos), Theodor Gebre Selassie, Cedrick Makiadi (Eljero Elia), Zlatko Junuzovic; Aaron Hunt, Franco di Santo (Nils Petersen)


Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014