Banjarmasin (ANTARA News) - Anggota DPR RI Habib Nabiel Fuad Almusawa mendukung rencana pemerintah daerah Kalimantan Timur menempatkan transmigran di pulau-pulau kecil terdepan dan berharap langkah tersebut diikuti provinsi lain di Indonesia.

"Kita berharap rencana Pemprov Kaltim itu diikuti provinsi-provinsi lain terutama yang berbatasan dengan negara tetangga," tandasnya dalam keterangan kepada wartawan di Banjarmasin, Rabu.

Legislator asal daerah pemilihan Kalimantan Selatan itu mengingatkan agar daerah yang memprogramkan hal tersebut terlebih dahulu memberitahukan kepada para calon transmigran, bahwa mereka ditempatkan di pulau terdepan sehingga mereka siap secara mental.

Selain itu, saran politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, perlu pemberian insentif yang lebih kepada calon transmigran tersebut.

"Insentifnya harus melebihi transmigran lain.Tantangan yang akan mereka hadapi tentu jauh lebih sulit ketimbang transmigran biasa," paparnya.

"Mereka layak menerima insentif minimal dua kali lipat dibadingkan transmigran biasa," kata wakil rakyat yang menyadang gelar insinyur dan magister bidang pertanian tersebut.

Habib Nabiel berpendapat, transmigran yang cocok ditempatkan di pulau terdepan adalah mereka yang berprofesi sebagai nelayan. Selain jaminan hidup berupa rumah, makanan pokok, lauk pauk dan air layak minum.

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014