Manado, 15 Mei 2014 (ANTARA) - Enam negara anggota Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security (CTI - CFF) menandai ulang tahun kelimanya dengan menandatangani secara resmi perjanjian hukum untuk membentuk Sekretariat Regional permanen yang berpusat di Manado, Indonesia. CTI -CFF merupakan kemitraan multilateral dari enam Negara, yakni Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor-Leste yang dibentuk pada tahun 2009 untuk mengatasi ancaman nyata yang akan dihadapi oleh pusat keanekaragaman hayati laut yang dikenal sebagai kawasan Segitiga Terumbu Karang. Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo seusai Pertemuan Kelima Tingkat Dewan Menteri (5th Ministerial Meeting) CTI-CFF di Manado, Kamis (15/5).

Sekretariat Regional menempati kompleks baru seluas 1,5 hektar di Manado, Sulawesi Utara. Selanjutnya akan berfungsi sebagai pusat kendali dan badan koordinasi utama dalam mengimplementasikan Rencana Aksi Regional CTI-CFF.  “Rencana aksi tersebut mencakup beberapa kegiatan seperti menetapkan bentang laut untuk fokus pada upaya pengelolaan sumber daya kelautan, membangun kawasan konservasi perairan, meningkatkan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan, memperkuat adaptasi perubahan iklim di wilayah pesisir, dan menjaga spesies laut yang terancam”, ungkap Sharif.

Dalam pertemuan tersebut, Dewan Menteri CTI-CFF yang dipimpin oleh Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia Dato’ Dr. Ewon Ebin, mengumumkan bahwa ke enam  negara anggota telah menyelesaikan proses penandatanganan Persetujuan tentang Pembentukan CTI-CFF Sekretariat Regional. “Dari enam negara itu, empat negara telah meratifikasi perjanjian yaitu Indonesia, Malaysia, Timor-Leste dan terakhir Kepulauan Solomon. Dengan demikian maka perjanjian tersebut dapat mulai berlaku”, ujar Sharif.
Menurut Sharif, berfungsinya secara permanen sekretariat regional CTI-CFF diharapkan lebih memperkuat kerja sama regional di antara keenam negara dalam menjaga sumber daya kelautan mereka dan mempermudah pelaksanaan kegiatan di tingkat regional, nasional, dan lokal. “Selain menyepakati pembentukan kelembagaan regional, Dewan Menteri CTI-CFF juga menyetujui rencana operasional dan pendanaan bagi Sekretariat Regional untuk tahun 2014 dan 2015”, ungkap Sharif.

Dewan Menteri CTI-CFF juga mengesahkan aplikasi untuk Sistem Kawasan Konservasi Perairan Laut Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle Marine Protected Area System/CTMPAS) dan peneguhan Forum Wanita Pemimpin CTI-CFF (CTI-CFF Women Leaders’ Forum). “Di samping menyetujui permohonan Coral Triangle Center sebagai Mitra CTI-CFF, para menteri juga mengesahkan beberapa langkah terakhir dalam proses pengakuan Brunei Darussalam sebagai anggota baru CTI-CFF, yang pada kesempatan pertemuan tersebut  hadir sebagai pengamat”, kata Sharif.

Kegiatan CTI-CFF diimplementasikan oleh negara-negara anggota dan didukung oleh berbagai mitra seperti Pemerintah Australia, Pemerintah Amerika Serikat, Asian Development Bank (ADB), Global Environment Facility dan LSM seperti Conservation International, The Nature Conservancy, Worldwide Fund for Nature, dan Coral Triangle Center.

Rapat Dewan Menteri CTI – CFF ke-5 diadakan bersamaan dengan Konferensi Terumbu Karang Dunia (World Coral Reef Conference) yang diselenggarakan di Manado dari tanggal 13 – 17 Mei 2014. Dewan Menteri CTI – CFF terdiri dari  Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sharif C. Sutardjo, Department Secretary of Ministry of Environment, Conservation and Climate Change, Papua Nugini Gunther Joku, Undersecretary for Policy and Planning, Department of Environment and Natural Resources Filipina Manuel Gerochi, Menteri Lingkungan Hidup, Perubahan Iklim, Penanganan Bencana dan Meteorologi Kepulauan Solomon Bradley Tovosia, dan Menteri Pertanian dan Perikanan Timor-Leste Mariano Assanami Sabino.

Dewan Menteri CTI memberikan sertifikat apresiasi dan pengakuan kepada Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atas kepemimpinannya yang kritis dalam membangun  CTI – CFF dan sertifikat apresiasi bagi masyarakat Manado sebagai tuan rumah Sekretariat Regional CTI – CFF.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Anang Noegroho, Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, selaku Sekretaris Bidang Media WCRC

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014