Saat ini sudah ada 1.200 peserta yang terdaftar. Mereka berasal dari 30 negara
Jakarta (ANTARA News) - Gelaran kejuaraan bergengsi Bromo Marathon 2014 di Tosari Pasuruan Jawa Timur, 7 September, mengincar 3.000 peserta baik dari dalam dan luar negeri.

Kejuaraan yang kedua kalinya digelar ini akan melintasi sisi luar kawasan Bromo-Tengger-Semeru yang berada di ketinggian antara 1.950-2.750 mdpl. Semua peserta akan disuguhi keindahan Gunung Bromo dari ketinggian.

"Saat ini sudah ada 1.200 peserta yang terdaftar. Mereka berasal dari 30 negara. Kami berharap jumlah peserta bisa mencapai 3.000 orang," kata panitia pelaksana Bromo Marathon 2014, Dedi Kurniawan di Jakarta, Senin.

Menurut dia, rute yang akan dilalui merupakan jalur wisata yang sudah cukup dikenal. Bahkan di perjalanan semua peserta akan disuguhi dengan pura yang eksotis dan masyarakat asli yaitu Suku Tengger.

Adapun medan yang dilalui, kata Dedi, juga variatif yaitu jalan aspal dan jalan setapak dengan ketinggian yang bervariasi.

"Malam sebelum perlombaan akan digelar "Tengger Art and Culture Festival" yang mempertontonkan budaya Tengger baik lagu maupun tarian," katanya menambahkan.

Dedi Kurniawan menjelaskan, untuk Bromo Marathon 2014 akan dibagi tiga kategori yaitu The Bromo Marathon dengan jarak 41,195 km, The Half Bromo Marathon dengan jarak 21,097 km dan The Bromo 10K.

"Untuk besaran hadiah belum bisa ditentukan saat ini. Mungkin sekitar bulan Agustus. Yang pasti hasil kejuaraan ini akan digunakan untuk donasi di beberapa sekolah yang ada di Pasuruan," katanya menjelaskan.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014