Padang (ANTARA News) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat siap untuk mengamankan kedatangan calon wakil presiden Hatta Rajasa yang bakal menghadiri deklarasi Tim Merah Putih untuk pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa calon presiden dan calon wakil presiden di Sumatera Barat.

"Dari laporan yang diterima, Hatta Rajasa dari Jakarta bakal tiba ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Senin (2/6) sekitar pukul 11.00 WIB," kata Humas Polda Sumbar, AKBP Syamsi, di Padang, Minggu.

Ia menjelaskan, untuk pengamanan kedatangan Cawapres tersebut, Polda Sumbar sudah mempersiapkan personel dari Brimob, Intelkam, polisi Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit), Unit Lalu lintas, serta Unit Kesehatan, sesuai dengan protap pengamanan VIP

"Pengamanan dilakukan sejak kedatangan Cawapres di BIM, Ketaping hingga acara deklarasi Tim Merah Putih di Hotel Bumi Minang," ungkapnya.

Polda Sumbar melakukan pengamanan dengan sistem terbuka dan tertutup di Hotel Bumi Minang lokasi acara deklarasi Tim Merah Putih pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa calon presiden dan calon wakil presiden. "Pihaknya akan memeriksa satu persatu barang bawaan tamu yang bakal menghadiri acara tersebut dengan metal detektor,"tegas Syamsi.

Sementara itu ditempat terpisah Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 032/Wirabraja Mayor Inf. Supardi menyatakan, pengamanan cawapres yang bakal menghadiri deklarasi Tim Merah Putih pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa calon presiden dan calon wakil presiden merupakan tanggung jawab pihak Polda Sumbar.

"Sementara Korem Sumbar hanya siap untuk membantu Polda Sumbar jika suatu saat dibutuhkan dalam pengamanan kedatangan cawapres ke Padang,"katanya.

Ia menjelaskan, pengamanan cawapres ke Padang, dari Korem Sumbar yakni dari dua Batalyon 131 Payakumbuh, Batalyon 133 Padang.

"Telah siapkan para prajurit TNI dari dua Batalyon 131 Payakumbuh, Batalyon 133 Padang untuk pengaman cawapres bakal menghadiri deklarasi tersebut,"ungkapnya.

Sementara itu Ketua tim media dan komunikasi Tim Pemenangan koalisi Merah Putih Sumbar Prabowo-Hatta, Hidayat, menyatakan, acara pendeklarasikan tersebut dilaksanakan di Hotel Bumi Minang, Padang pada Senin (2/6) sekitar pukul 11.00 WIB, bakal dihadiri cawapres Hatta Rajasa.

"Dijadwalkan Cawapres bakal menghadiri deklarasi Tim Pemenangan koalisi Merah Putih Sumbar yang diketuai Irwan Prayitno,"katanya.

Ia menjelaskan, diperkirakan sejumlah pengurus partai koalisi tingkat DPD/DPW di Provinsi Sumatera Barat bersama sejumlah relawan dan simpatisan ikut menghadiri pedeklarasian tim pemenangan Merah Putih tersebut.

"Dalam waktu bersamaan, juga akan dideklarasikan Pemenangan koalisi Merah Putih pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa untuk Provinsi Bengkulu, Lampung,"ungkapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan nomor urut untuk kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yakni Pasangan Prabowo Subianto-Muhammad Hatta Rajasa nomor urut 1, Pasangan Joko Widoo-Muhammad Jusuf Kalla nomor urut 2, untuk pemilu presiden akan berlangsung pada 9 Juli 2014.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, yang diusung Partai Gerindra, PAN, PPP, PKS, Partai Golkar dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sementara calon presiden dan wakil presiden lainnya, Joko Widodo-Jusuf Kalla, diusung oleh lima partai politik, masing-masing PDI Perjuangan, Nasdem, PKB, Partai Hanura serta PKP Indonesia.

Pewarta: Derizon Yazid
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014