Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga masyarakat diimbau untuk tenang dan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa,"
Cilacap (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5 Skala Richter (SR) mengguncang sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu, pukul 17.59 WIB.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan bahwa gempa tersebut berlokasi di 8,46 derajat lintang selatan dan 109,28 derajat bujur timur atau 97 kilometer barat daya Kebumen dengan kedalaman 10 kilometer.

"Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga masyarakat diimbau untuk tenang dan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa," katanya.

Ia mengakui bahwa banyak masyarakat yang menelepon ke kantor Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap karena merasakan gempa tersebut.

Sementara itu, sejumlah warga Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Cilacap, berlarian keluar rumah ketika merasakan gempa tersebut.

Salah seorang warga, Maryam mengaku sedang belanja di warung saat gempa tersebut terjadi.

"Saya segera lari pulang ke rumah karena khawatir terjadi sesuatu terhadap menantu dn cucu saya yang masih balita. Mereka di rumah sendirian karena suaminya belum pulang," katanya.

(KR-SMT/H015)

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014