Pariaman (ANTARA News) - Pebalap asal Jepang Kohei Uchima pada Sabtu menjuarai etape pertama balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2014 yang bermula dari depan Kantor Bupati Padang Pariaman dan berakhir di Pantai Gandoria Pariaman.

Pria yang memperkuat Japan Cycling Federation itu menempuh jarak 98,5 kilometer dalam waktu 02.11.51, lebih cepat tiga detik dari pebalap tim United Arab Emirates Cycling Federation, Ahmed Mirza Alhammadi Yosuif Mohamed, yang mencatatkan waktu 02.11.54 .

Pada urutan ketiga ada Oscar Pujol Munoz dari Skydive Dubai Pro Cycling Team yang menempuh etape tersebut dengan catatan waktu 02.11.54.

Kohei Uchima menjadi pebalap tercepat dari 144 pebalap dari 18 tim yang bersaing dalam etape pertama.

Selama perlombaan dia menunjukkan konsistensi untuk masuk rombongan depan sejak start.

Sementara pebalap Indonesia, Aiman Cahyadi, hanya mampu finis di urutan keempat secara umum dengan catatan waktu 02.11.54.

Pebalap Indonesia yang lain, Dadi Suryadi dari tim Pegasus, hanya bisa berada di urutan keenam secara umum dan Agung Alisyahbana di urutan tujuh secara umum dengan waktu 02.12.03.

Dalam perjalanan etape pertama dari depan Kantor Bupati Padang Pariaman sampai finis terdapat tiga titik sprint yaitu di Pasar Pakandangan, Pasar Lubuk Alung dan jalur utama km 80.

Ahmed Mirza Alhammadi Yosuif Mohamed mampu mengumpulkan 12 poin dari ketiga titik itu sedang Aiman meraih tujuh poin dan Dadi mendapat enam poin.

Setelah menyelesaikan etape ini semua pebalap, yang berasal dari 23 negara, akan menempuh perjalanan etape kedua dari Pasaman menuju Pasaman Barat dengan jarak 123 kilometer pada Minggu (8/6).

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014