Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI yang baru (periode 2014-2019) Jefirston Riwu Kowe menilai konsolidasi perbankan perlu cepat dilaksanakan guna menopang dan memperkuat perekonomian nasional.

Jefirston berjanji akan menggalang sinergi antara pemerintah dan DPR dalam memperkuat industri perbankan nasional.

"Dalam beberapa pertemuan dan diskusi, kita sudah berniat melakukan konsolidasi dan menurut saya ini penting untuk dilakukan, pemerintah dan DPR mendatang harus saling bersinergi dalam memperkuat perbankan nasional," kata Jefirston yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Partai Demokrat ini, di Jakarta, Minggu.

Jefirston menjelaskan, dalam program konsolidasi yang akan dilaksanakan tersebut, rencananya bakal dilakukan akuisisi dan penggabungan beberapa bank di Tanah Air guna memperkuat perbankan Indonesia.

"Memang kita setuju, tapi dengan catatan tidak merugikan karyawan yang bekerja di bank tersebut," imbuhnya.

Dia menambahkan, jika konsolidasi ini berhasil dijalankan, akan ada beberapa kemajuan yang akan terlihat terutama di bidang ekonomi, terutama kapasitas perbankan dalam menyalurkan kredit akan lebih besar, bunga kredit semakin menurun, dan daya tahannya semakin kuat menghadapi gempuran bank-bank asing.

"DPR nanti rencananya akan merevisi beberapa undang-undang untuk memuluskan konsolidasi ini. Salah satunya mekanisme merger yang harus lebih diperjelas," tegas pria yang menjadi Anggota DPR Dapil NTT II ini.

Upaya lain yang akan dilakukan DPR periode mendatang adalah mewujudkan rencana akuisisi BTN oleh Bank Mandiri. Rencana tersebut dinilai sebenarnya makin menguatkan kinerja kedua bank BUMN itu.

"Akuisisi itu menurut saya baik bagi penguatan perusahaan kedua belah pihak," kata dia.

Pewarta: Budi Suyanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014