Teheran (ANTARA News) - Presiden Iran Hassan Rouhani menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad atas kemenangan telak pada pemilihan presiden 3 Juni, yang membawanya memasuki masa jabatan tujuh tahun ketiga.

Presiden Iran mengirim pesan kepada sejawatnya dari Suriah itu padah Minggu.

Rouhani mengatakan keberhasilan penyelenggaraan pemilihan presiden Suriah menunjukkan bahwa rakyat Suriah bertekad untuk hadir di arena politik negara mereka, dan untuk menentukan nasib mereka sendiri, kata laporan Press TV seperti dikutip kantor berita MNA.

"Hasil pemilu menunjukkan kepercayaan rakyat Suriah dan tekad untuk bergerak menuju stabilitas, keamanan dan solidaritas nasional, kata," kata Rouhani.

Dia lebih jauh menyebutkan, pemilihan presiden Suriah sebagai "langkah yang menjanjikan menuju demokrasi."

Presiden Iran menyatakan keyakinannya bahwa Suriah akan mengatasi krisis, yang telah dikenakan pada negaranya yang sedang bergerak ke arah perdamaian dan persatuan.

Menurut angka resmi yang dirilis Rabu, Bashar al-Assad memenangkan hampir 90 persen suara dalam pemilihan presiden Suriah.

Mahkamah Agung Konstitusi Suriah juga mengumumkan, bahwa lebih dari 73 persen dari 15,8 juta pemilih yang berhak telah mengambil bagian dalam pemilu.

(Uu,H-AK/

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014