Bandung (ANTARA News) - Persib Bandung siap menggeser Semen Padang dari posisi kedua pada Klasemen Sementara Liga Super Indonesia dengan mengincar kemenangan atas Barito Putra pada laga di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (10/6).

"Tidak ada kata lain Persib harus ke posisi kedua, syaratnya harus menang pada laga besok lawan Barito Putra. Saya optimistis pemain bisa melakukannya," kata Manajer Persib Bandung H Umuh Muhtar di Bandung, Senin.

Menurut Umuh, kemenangan atas Barito sangat strategis karena menentukan langkah Persib dalam perebutan posisi runner up pada klasemen sementara grup barat.

Persib saat ini berada di peringkat ketiga dengan nilai 25 hasil 13 kali bertanding, tertinggal satu angka dari Semen Padang yang saat ini berada di peringkat kedua dengan 26 hasil 14 kali laga.

"Harus meraih tiga poin agar ke depanya sedikit lebih ringan dan pemain bisa beristirahat kompetisi dengan tenang," kata Umuh.

Pertandingan melawan Barito Putra merupakan laga terakhir bagi Persib sebelum memasuki libur panjang terkait dengan Pemilu 2014 pada 9 Juli 2014. Umuh menyebutkan, timnya dituntut untuk memperbaiki performance setelah melakukan start kudang baik di awal kompetisi.

Kemenangan 1-4 atas Gresik United pekan lalu, menurut dia memberikan dampak positif untuk menghadapi pertandingan melawan Barito Putra yang dikalahkan oleh Maung Bandung pada leg pertama dengan skor 2-0.

Namun Umuh mengaku tetap meminta para pemainnya untuk tidak terlalu percaya diri, karena Barito yang saat ini berperingkat enam dengan nilai 20 hasil 14 kali laga mengincar laga terakhirnya sebelum zeda kompetisi.

"Barito gagal pada laga sebelumnya melawan PBR, pasti mereka punya motivasi untuk menang. Pemain harus hati-hati dan tidak anggap enteng lawan," kata Umuh.

Persiapan sepekan, cukup bagi Persib Bandung untuk bisa mengembalikan kondisi para pemain, termasuk beberapa pemain yang kurang fit, seperti play maker Makan Konate.

Sementara itu kapten tim Firman Utina menyatakan, pertandingan melawan Gresik United sangat menentukan karena poin Persib saat ini terpaut sangat tipis, namun memiliki sisa pertandingan lebih banyak.

"Pertandingan besok harus dimaksimalkan, besok kunci penting untuk posisi Persib di grup barat," kata Firman Utina.

(S033/Y003)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014