San Francisco (ANTARA News) - Google pada Selasa mengumumkan rencana untuk membeli kelompok satelit Skybox Imaging seharga 500 juta dolar AS, dalam sebuah langkah untuk meningkatkan pemetaan dan layanan lainnya yang menggunakan data geospasial.

"Kami telah setuju untuk mengakuisisi Skybox Imaging, dan kami berharap untuk menyambut mereka untuk Google," kata sebuah pernyataan dari raksasa internet.

"Satelit mereka akan membantu menjaga peta kami akurat dengan citra terbaru. Seiring waktu, kami juga berharap bahwa tim dan teknologi Skybox akan dapat membantu meningkatkan akses internet dan bantuan bencana -- bidang-bidang yang Google telah lama tertarik."

Skybox mengatakan dalam sebuah "posting blog" bahwa tujuan dari perusahaan berusia lima tahun itu adalah "untuk merevolusi akses ke informasi tentang perubahan yang terjadi di seluruh permukaan bumi."

"Kami telah membangun dan meluncurkan satelit pencitraan resolusi tinggi terkecil di dunia, yang mengumpulkan gambar indah dan berguna serta video yang setiap hari ... Waktu yang tepat untuk bergabung dengan sebuah perusahaan yang dapat menantang kami untuk berpikir lebih besar dan lebih berani, dan yang dapat mendukung kami dalam mempercepat visi ambisius kami."

Berita itu muncul dua bulan setelah Google mengumumkan kesepakatan untuk membeli Titan Aerospace, pembuat pesawat terbang tanpa awak (drone) bertenaga surya yang dapat digunakan untuk meningkatkan akses internet ke daerah-daerah terpencil.

Google juga sedang bekerja sama pada Project Loon, yang menggunakan balon besar untuk transmisi sinyal internet ke daerah yang sekarang tidak terhubung. Demikian laporan AFP.

(Uu.A026/S004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014