Jakarta (ANTARA News) - Marc Marquez telah memenangi lima balapan dari posisi start terdepan dalam tahun ini, tapi pada balap hari Minggu ini di sirkuit Catalunya, Spanyol, ia harus memulai dari posisi start ketiga.

Marquez gagal merebut pole position dalam kualifikasi MotoGP Catalunya, Sabtu (Minggu dinihari WIB) setelah terjatuh pada lap terakhir saat mencoba memperbaiki catatan waktunya.

Pebalap Spanyol yang memimpin klasemen MotoGP saat ini itu mulanya mencatatkan waktu terbaik 1 menit 41,135 detik sebelum Pedrosa mengunggulinya dengan 1 menit 40,985 detik.

Dalam lap terakhir ketika mencoba memperbaiki catatan waktunya untuk mengungguli lap terbaik Pedrosa, ia justru terjatuh karena ban motornya terpeleset saat menikung.

Akibatnya, pebalap muda juara dunia tahun lalu itu gagal mempertahankan capaian sempurnanya dalam perebutan posisi start terdepan, untuk keenam kalinya jika ia tidak jatuh.

"Hari ini saya membuat kesalahan pertama musim ini, jadi saya perlu meminta maaf kepada tim sebab ini kasalahan saya," kata Marquez seperti dilaporkan motogp.com.

Marquez mengaku terlambat menginjak rem belakang sehingga ia terjatuh pada lap terakhir kualifikasi.

Mengenai balapan pada hari Minggu ini, Marquez mengatakan,"Kami di barisan depan dan siap berjuang." Tapi ia mengakui balapan akan sulit karena ia harus bersaing dekat dengan Pedrosa dan Lorenzo di tiga terdepan posisi start.

Pewarta: Suryanto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014