Jakarta (ANTARA) - Pembalap Prima Pramac Jorge Martin memuncaki sesi latihan secara keseluruhan pada hari pertama rangkaian MotoGP Amerika di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Sabtu WIB.

Dikutip dari keterangan resmi, Martin mencatatkan waktu putaran terbaik 2 menit 01,397 detik sekaligus memecahkan rekor sebelumnya dengan selisih 0,495 detik. Dengan pencapaian ini, ia langsung melesat ke Q2 yang akan memudahkannya untuk berada di barisan terdepan pada sesi kualifikasi.

Posisi kedua ditempati Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang hanya memiliki selisih waktu 0,076 detik saja dari kompatriotnya. Sementara, pembalap Spanyol lainnya Marc Marquez (Gresini Racing) melengkapi posisi tiga besar dengan margin 0,409 detik dari Martin.

Berada di posisi keempat adalah juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang hanya tertinggal 0,002 detik dari sang juara dunia delapan kali.

Pada sesi latihan bebas (FP) pertama yang juga dipimpin oleh Martin, Bagnaia merupakan satu-satunya pembalap di daftar lima besar yang tidak berhasil menembus top 10 FP1. Dengan waktu kurang dari dua menit tersisa, ia akhirnya melesat, mengamankan posisi keempat dan sangat dekat dengan Marquez.

Sang pembalap Italia kembali diapit oleh pembalap Spanyol lainnya Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang masing-masing mengisi posisi kelima dan keenam.

Kedua pembalap ini juga menemukan kecepatan yang kuat pada hari pertama dan hanya terpaut tipis dari Bagnaia yang berada tepat di depan mereka.

Franco Morbidelli (Prima Pramac) juga akan langsung masuk ke Q2 untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Inggris pada 2023, mencatatkan waktu putaran yang cukup impresif yakni 2 menit 02,103 detik. Ini bisa dibilang merupakan momen kebangkitannya setelah memulai awal musim dengan buruk dan absen dari uji coba pramusim.

Baca juga: Bezzecchi dan Diggia perkuat adaptasi jelang MotoGP Amerika

Pembalap Italia itu mengungguli rekan senegaranya Enea Bastianini (Ducati Lenovo) yang tetap menghabiskan sebagian besar sesi di posisi lima besar.

Menutup 10 besar pada akhir Jumat (12/4) adalah duo Pertamina Enduro VR46 Racing Team Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi yang menunjukkan kecepatan konsisten sepanjang hari.

Sementara itu, sesi FP2 akan dimulai pada hari ini pukul 22.10 WIB. Babak kualifikasi untuk seri MotoGP ketiga musim 2024 ini juga bergulir pada Sabtu, mulai pukul 22.50 WIB.

Pada Minggu (14/4), akan diadakan balapan Sprint yang dijadwalkan pukul 03.00 WIB. Sementara, balapan utama bakal diadakan pada Senin (15/4) pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Rins bertekad ulangi kemenangan di MotoGP Amerika
Baca juga: Marquez ingin akhiri puasa kemenangan pada MotoGP Amerika


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024