Kami bermain dua pertandingan dan kami tak dapat menunjukkan penampilan yang lebih baik daripada Belanda atau Chile...
Brasil (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, mengatakan tim asuhnya memang pantas terdepak dari Piala Dunia 2014, setelah dikalahkan Chile 0-2 Grup B, di Rio de Janeiro, Kamis.

"Kami memang pantas untuk terdepak. Tim menunjukkan karakternya hari ini, berjuang walau sedikit tidak beruntung dengan gol-gol itu," kata Del Bosque ketika konferensi pers kepada ESPN.

"Kami bermain dua pertandingan dan kami tak dapat menunjukkan penampilan yang lebih baik daripada Belanda atau Chile, jadi kami harus keluar dari Piala Dunia. Ini menyakitkan karena kami bermain dengan percaya diri sedikit," tambahnya.

Sebelumnya Spanyol dipermalukan Belanda 1-5 (14/6), La Roja membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang mereka tetap hidup di fase grup. Namun gol pemain Chile, Eduardo Vargas dan Charles Aranguiz menghapus mimpi Spanyol untuk lolos dari fase grup.

Juara bertahan Spanyol dieliminasi hanya dengan dua kali bermain di fase grup.

"Kami pikir kami punya peluang yang bagus dengan pemain bagus. Tetapi kenyataannya berbeda. Babak kedua melawan Belanda dan babak pertama hari ini permainan kami kurang," tambah Del Bosque.

"Chile memiliki sikap dan fisik yang luar biasa," ungkapnya.

Banyak pihak mengatakan, tidak lolosnya Spanyol dari fase grup menjadi tanda berakhirnya era La Roja. Namun, Del Bosque tidak ingin cepat-cepat mengambil kesimpulan.

"Ketika hal negatif datang menerpa di Piala Dunia, pasti ada konsekuensi. Tetapi masih banyak waktu untuk berpikir tentang apa yang terbaik bagi sepak bola Spanyol. Pemain ini telah memberikan banyak hal," katanya.

"Selama 25 hari bersama, bagaimana mereka bekerja, semangat mereka, saya tidak akan percaya ini akan terjadi," tambahnya.

Kapten tim, Iker Casillas yang penampilannya disorot karena kebobolan lima gol melawan Belanda, dan dua gol melawan Chile pun meminta maaf.

"Ini sulit untuk menjelaskan apa yang terjadi," kata Casillas.

"Maaf untuk para fans. Kami semua bertanggung jawab. Ini bukan harinya untuk menyalahkan atau mengubah," tambah Casillas.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan menjalani laga terakhirnya untuk timnas, Casillas menjawab," Saya tidak tahu, saya benar-benar tidak tahu."
(*)

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014