Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto menyatakan dirinya bakal tampil percaya diri pada seri keempat lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, mulai Jumat (20/6) hingga 22 Juni 2014.

Rio Haryanto seperti yang dalam surat elektronik yang dikirim Humas Tim Caterham Racing Victoria Lloyd yang diterima di Semarang, Jateng, Kamis, mengatakan bahwa dirinya baru tampil di sirkuit tersebut.

Hal itu, kata Rio, menjadi pengalaman yang baru bagi dirinya karena banyak pebalap yang mengalami hal yang sama.

"Saya merasa senang dan percaya diri masuk ke balapan Austria karena semua kerja keras kami selama musim dingin diubah menjadi podium di Monaco. Sponsor dan penggemar saya sangat senang dan saya tidak sabar untuk mendapatkan kemenangan yang merupakan tantangan berikutnya," kata pebalap asal Solo, Jateng, tersebut.

Ia mengatakan, "Dalam persiapan, saya telah melihat beberapa on-board rekaman video pebalap di sana dan saya akan pergi pada simulator minggu ini karena itu adalah alat yang paling berguna untuk mempelajari sirkuit baru."

Rekan satu tim Rio Haryanto di Caterham Racing, pebalap asal Amerika Serikat Alexander Rossi juga menyatakan hal yang sama, yaitu sama-sam baru pertama kali ini tampil di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

"Saya belum pernah berlomba di Red Bull Ring sebelumnya. Akan tetapi, itu selalu sangat menarik untuk pergi ke trek baru dan untuk mengalami sesuatu yang sama sekali berbeda sehingga saya tidak bisa menunggu untuk memulai," katanya.

Seri keempat lomba GP2 Series di Austria ini dimulai pada hari Jumat (20/6) diawali dengan latihan resmi mulai pukul 12.00 hingga 12.45 waktu setempat kemudian babak kualifikasi untuk menentukan nomor start dimulai pukul 15.55 hingga 16.25 waktu setempat.

Pada hari Sabtu (21/6) memulai race pertama di sirkuit sepanjang 4,326 kilometer dengan kategori feature race sepanjang 173,040 kilometer mulai pukul 15.40 hingga 16.45 waktu setempat menempuh 40 putaran, sedangkan race kedua atau sprint race dimulai Minggu (22/6) yang menempuh jarak 121,128 kilometer atau 28 putaran mulai pukul 10.35 hingga 11.25 waktu setempat.

Sampai berakhirnya seri ketiga (seri ketiga di Monte Carlo, Monaco), Rio Haryanto berada pada peringkat ke-7 dengan total poin 26, sedangkan rekannya Alexander Rosso menempati peringkat ke-21 dan belum mendapatkan poin.

Rio Haryanto meraih angka tersebut saat tampil pada seri kedua di Spanyol (10 poin), kemudian seri ketiga di Monte Cralo, Monaco (16). Secara tim, Rio Haryanto dan Alexander Rossi di tim Caterham Racing berada pada peringkat ke-7 dengan tota nilai 26.

Peringkat pertama untuk kelompok pebalap diraih J. Palmer dari tim DAMS dengan total nilai 103 disusul F. Nasr dari tim Carlin dengan total nilai 57, sedangkan ketiga adalah J. Cecotto dengan total nilai 49 dari tim Trident.

Sementara itu, secara tim, peringkat pertama diraih tim DAMS dengan total nilai 135, kedua adalah Carlin dengan toyal nilai 105, dan ketiga Trident dengan total nilai 71.

(H015/D007)

Pewarta: Hernawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014