Untuk transportasi laut dihimbau agar berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat..."
Batam (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau nelayan dan operator serta pengguna transportasi laut di Kepulauan Riau (Kepri) berhati-hati sekaligus waspada terhadap arus laut yang kuat pada Minggu ini.

Prakirawan BMKG Batam Nizam Mawardi memperkirakan, arus laut di seluruh perairan Kepri berkisar 5 cm sampai dengan 55 cm per detik, dan paling kuat di Perairan Natuna.

"Untuk transportasi laut dihimbau agar berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat, terutama di wilayah Perairan Natuna," katanya.

Untuk transportasi darat dan udara, menurut dia, kondisi cuaca masih kondusif.

Secara umum, ia menilai, cuaca di Kepri diperkirakan berawan dan berpotensi hujan yang sifatnya lokal.

Pola belokan angin di sekitar Kepri, dikemukakannya, menyebabkan terjadinya perlambatan laju angin yang memicu menumpuknya massa udara.

Namun, ia menyatakan, hal itu tidak didukung oleh kelembaban udara atas, sehingga kurang berpotensi menumbuhkan awan dalam jumlah banyak.

BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Minggu pagi hingga malam berawan hujan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara di Batam antara 25 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 62 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,5 sampai satu meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 26 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 63 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai satu meter.

Karimun pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 28 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Karimun antara 25 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 64 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,3 sampai 0,8 meter.

Cuaca di Lingga pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 28 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 68 sampai 94 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai satu meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara di Natuna antara 25 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 90 persen. Dan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai satu meter.

Sedangkan, di Kabupaten Anambas pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 km per jam arah selatan.

Suhu udara Anambas antara 26 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembaban 28 sampai 90 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 0,5 sampai satu meter.  (*)

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014