... senang bisa bermain di sini. Kami berterima kasih pada para penonton yang mendukung kami... "
Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran Denmark, Joachim Fischer Nielsen/ Christinna Pedersen, keluar sebagai juara turnamen Indonesia Open 2014 setelah berhasil menundukkan pasangan China, Xu Chen/ Ma Jin, melalui rubber set 18-21, 21-16, 21-14 pada babak final, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Awal game pertama, Fischer/Pedersen unggul 4-1. Tetapi Xu/ Ma menyusul dan menyamakan angka 5-5.

Keadaan berbalik, Xu/Ma memimpin sementara 10-5. Beberapa kali Pedersen gagal mengembalikan bola sehingga menambah angka untuk Xu/ Ma. Game pertama pun dimenangkan Xu/Ma dengan selisih angka tipis, 21-18.

Di game kedua, kedudukan sempat imbang 5-5. Pada game ini, Ma Jin kerap gagal mengembalikan bola. Ini dimanfaatkan Fischer, yang seringkali men-smash keras ke arah Ma Jin yang gagal mengeksekusi secara baik. 

Kemenangan pada game kedua pun diperoleh Fischer/Pedersen 21-16 dan rubber set pun harus dilakukan.

Fischer/Pedersen langsung memimpin 5-0 di set ketiga. Xu/Ma berupaya memperkecil selisih angka menjadi 7-5 bagi keunggulan sementara Fischer/Pedersen. 

Pada set penentu ini, Xu Chen sering melakukan kesalahan sendiri, seperti smash-nya yang mengenai net dan bola yang diumpankannya keluar lapangan sehingga menambah angka bagi kubu lawan.

Set ketiga pun ditutup smash Fischer yang tak mampu dikembalikan Ma Jin sehingga kedudukan menjadi 21-14 untuk kemenangan Fischer/Pedersen.

Fischer yang ditemui usai pertandingan mengatakan kemenangan ini sangat berarti baginya. "Turnamen ini sangat sulit bagi pemain Eropa untuk menang. Ini sangat spesial buat kami," katanya.

Hal ini pun diamini Pedersen. "Kami senang bisa bermain di sini. Kami berterima kasih pada para penonton yang mendukung kami," kata Pedersen.

Saat ditanya kunci kemenangannya hari ini, Pedersen mengatakan, mereka memanfaatkan kelelahan kubu lawan pada babak dua dan tiga dengan terus bermain menekan.

Sementara Xu Chen menyatakan kekecewaannya atas kekalahan dalam turnamen ini. "Kami masih kecewa dengan hasil pertandingan tadi. Tapi kami menerima kekalahan ini," ujar Xu.

Hingga saat ini, pertemuan head to head Fischer/ Pedersen melawan Xu Chen/ Ma Jin tercatat sebanyak 12 kali, dengan masing-masing menang enam kali.

Dalam turnamen bertitel lengkap BCA Indonesia Open Superseries Premier (BIOSSP) 2014, Fischer/ Pedersen mendapatkan hadiah senilai 59.250 dolar Amerika Serikat sebagai juara nomor ganda campuran. 

Sementara Xu Chen/ Ma Jin memperoleh uang senilai 28.500 dolar Amerika Serikat sebagai runner up di nomor ganda campuran. 

Pewarta: Anita Dewi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014