... Fungsi teritorial harus terus dijalankan... "
Denpasar (ANTARA News) - Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, mengharapkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) ikut memanfaatkan potensi desa di Pulau Dewata untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Fungsi teritorial harus terus dijalankan terutama pada daerah-daerah tertinggal karena tidak ada hal lain yang bisa kita wujudkan tanpa kesejahteraan rakyat," katanya, saat menerima Asisten Teritorial Kepala Staf Kodam IX/Udayana Letnan Kolonel Infantri Yudi Hartono, di Denpasar, Rabu.

Hartono baru menempati posisinya itu, dan Pastika juga berharap dukungan Kodam IX/Udayana mewujudkan program Bali Mandara Jilid II.

"Daerah-daerah tertinggal di Bali yang perlu mendapatkan perhatian serius ada di empat kabupaten yakni Buleleng, Bangli, Klungkung, terutama kawasan Nusa Penida dan Karangasem. Daerah-daerah itu kering yang sangat membutuhkan air," ujarnya.

Selain menunjukkan keseriusannya mengajak TNI dalam menyukseskan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, dalam pertemuan tersebut Pastika juga memberikan buku program Bali Mandara Jilid II.

Ia menyarankan Hartono bertemu Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) sebagai pemuka sektor program pengentasan kemiskinan Bali.

Menanggapi hal itu, Hartono menyambut baik permintaan Pastika. Ia mengemukakan, tugas TNI memang untuk membantu program pemerintah terutama daerah tertinggal.

"Kami berharap TNI bisa terus bersinergi dengan pemerintah Provinsi Bali untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata dia. 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014