Rio de Janeiro (ANTARA News) - Kolombia melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2014 setelah menuntaskan perlawanan Uruguay pada laga 16 Besar dengan kemenangan 2-0 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu pagi WIB.

Ini pertama kalinya sepanjang sejarah sepak bola negeri penghasil kopi tersebut, tim asuhan Jose Pekerman ke babak perempat final.

Pada perempatfinal mereka akan menghadapi tuan rumah Brasil yang sudah lebih dulu memastikan tempat di delapan besar setelah menaklukkan Chile dalam laga yang berakhir dengan adu penalti.

Kemenangan Kolombia tidak lepas dari dwigol yang dikemas penyerang muda berbakat, James Rodriguez, masing-masing pada menit 28 dan 49.

Gol pertama James dalam laga tersebut boleh jadi merupakan salah satu gol tercantik sepanjang putaran final di Brasil, sebab ia melakukan tendangan satu sentuhan dengan berbalik badan dari luar kotak penalti setelah sebelumnya mengendalikan bola menggunakan dadanya.

Sementara gol kedua merupakan bukti kebolehan James mencari ruang, menantikan umpan silang Pablo Armero yang disambut sundulan Juan Cuadrado. Bola yang tidak mengarah ke gawang, justru jatuh ke kaki James, yang segera melesakkannya dengan mudah ke gawang Fernando Muslera.

Selain James, penjaga gawang David Ospina juga berperan besar tetap memastikan gawangnya aman dari ancaman para pemain Uruguay. Sedikitnya ia melakukan tiga penyelamatan dari upaya serangan berbahaya yang dilancarkan Uruguay.

Jalannya pertandingan

Kehilangan Luis Suarez yang dihukum FIFA lantaran menggigit Giorgio Chiellini pada laga melawan Italia, menjadi sangat terasa di kubu Uruguay yang seolah kehabisan variasi serangan.

Diego Forlan yang diutus pelatih Oscar Tabarez mengisi lubang yang ditinggalkan Suarez tidak terlihat banyak berkontribusi sepanjang laga.

Hingga 10 menit awal pertandingan, belum ada serangan berbahaya yang diciptakan kedua tim, baru pada menit 11 bek kanan Kolombia, Juan Camilo Zuniga, melepaskan tendangan jarak jauh yang masih mengarah tepat ke penguasaan penjaga gawang Fernando Muslera.

Akan tetapi kemudian laga menjadi kembali sepi peluang, hingga keadaan dipecahkan oleh penyerang AS Monaco, James Rodriguez, pada menit 28.

Ia menerima umpan dengan mengendalikan bola menggunakan dadanya, lantas berbalik badan untuk kemudian melepaskan tendangan sentuhan pertama yang sukses menaklukkan penjaga gawang Fernando Muslera.

Tertinggal satu gol, Uruguay berusaha membangun serangan yang lebih tajam, akan tetapi hingga berakhirnya babak pertama, keunggulan 1-0 bagi Kolombia belum berubah.

Baru empat menit memasuki babak kedua, Uruguay kembali harus menerima pukulan telak dengan gol kedua dari James.

Gol tersebut berawal dari umpan silang Pablo Almero dari sayap kiri yang disambut sundulan Juan Cuadrado, bola tak mengarah ke gawang, namun ke kaki James yang sukses menggetarkan jala gawang Fernando Muslera untuk kedua kalinya.

Uruguay segera berusaha membangun serangan untuk mengancam gawang Kolombia, sayang tendangan jarak jauh Alvaro Gonzalez pada menit 58 masih dapat diselamatkan dengan baik oleh penjaga gawang David Ospina.

Uruguay belum menyerah dan kembali membawa bola hingga ke sepertiga lapangan akhir, namun Ospina kembali berhasil menghalau tendangan dari luar kotak penalti dari Cristian Rodriguez pada menit 64.

Pada menit 78, Ospina kembali melakukan penyelamatan penting saat menghalau tendangan Maximiliano Pereirra, yang mendapatkan bola pantulan dari halauan pemain belakang Kolombia, kedudukan belum berubah.

Hingga laga berakhir berbagai upaya Uruguay tak membuahkan hasil apapun, sehingga kedudukan 2-0 bagi keunggulan Kolombia tak berubah hingga laga usai.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman FIFA.

Kolombia: David Ospina (PG), Juan Zuniga, Cristian Zapata, Mario Yepes (K), Pablo Armero, Juan Cuadrado (Fredy Guarin), Abel Aguilar, Carlos Sanchez, Teofilo Gutierrez (Alexander Meija), James Rodriguez (Adrian Ramos), Jackson Martinez

Pelatih: Jose Pekerman

Uruguay: Fernando Muslera (PG), Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin (K), Maximiliano Pereira, Alvaro Gonzalez (Abel Hernandez), Egidio Arevalo Rios, Cristian Rodriguez, Alvaro Pereira (Gaston Ramirez), Edinson Cavani, Diego Forlan (Cristhian Stuani)

Pelatih: Oscar Tabarez

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014