Pendaftar berasal dari mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di wilayah Gunung Kidul. Sampai saat ini, mahasiswa yang mencari A5 sekitar 400-an,"
Gunung Kidul (ANTARA News) - Permintaan pemohon formulir A5 ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, DIY, meningkat dalam beberapa hari terakhir yang berasal dari mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Gunung Kidul Muh Zaenuri Ikhsan di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan kenaikan permintaan formulir A5 sudah terjadi sejak empat hari terakhir.

Formulir A5 adalah surat pemberitahuan daftar pemilih tambahan dari luar daerah yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum.

"Sebenarnya pendaftaran A5 dari 13 Juni sampai H-10 menjelang pencoblosan tetapi atas rekomendasi KPU pusat diperpanjang sampai H-3," kata Zaenuri.

Ia mengatakan awal pembukaan pendaftaran A5 hanya beberapa orang saja, tetapi dalam empat hari terakhir ada peningkatan yang cukup signifikan.

"Pendaftar berasal dari mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di wilayah Gunung Kidul. Sampai saat ini, mahasiswa yang mencari A5 sekitar 400-an," kata dia.

Zaenuri mengatakan banyaknya mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di Gunung Kidul dan akan melakukan pencoblosan di kabupaten paling luas di DIY ini, menyebabkan kenaikan permintaan formulir A5.

Selain itu, ada tambahan dari purnawirawan TNI/Polri dan warga yang pindah.

"Mahasiswa yang KKN yakni UKDW, Universitas Adma Jaya, UIN, dan UNY yang melakukan KKN di Gunung Kidul. Mereka akan melakukan pencoblosan di sini," kata dia.

Untuk masyarakat yang mendaftarkan A5, Zaenuri menambahkan pemohon segera melapor ke panitia pemungutan suara (PPS), Petugas PPS yang nantinya akan mengarahkan pemohon untuk menggunakan hak pilihnya di TPS yang ditunjuk.

"Agar PPS memberitahu dimana mereka akan mencoblos," kata dia.

Salah seorang mahasiswa yang tengah KKN Malfin mengaku sedang KKN di Gunung Kidul dan akan melakukan pencoblosan. "Kami berharap bisa mengikuti pemilu disini," kata dia.

(KR-STR/Z003)

Pewarta: Sutarmi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014