Jakarta (ANTARA News) - Sebuah sundulan maut di depan gawang Prancis dari bek Jerman Mats Hummels mengantarkan Jerman unggul 1-0 pada babak pertama laga perempat final pertama Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana Jumat malam ini.

Gol kedua Hummels pada turnamen ini tercipta pada menit 13 dan didahului oleh pelanggaran Paul Pogba terhadap Toni Kroos jauh dari luar kotak penalti Prancis.

Kroos lalu mengeksekusi tendangan bebas dengan sepakan melengkung yang disambut lompatan Hummels yang melewati Raphael Varane untuk menghujamkan bola ke sudut kanan gawang Prancis yang tak bisa dihalau kiper Hugo Lloris.

Untuk pertama kalinya dalam 20 laga terakhirnya di berbagai turnamen Prancis kebobolan pada babak pertama.

Prancis berusaha menyamakan kedudukan di antaranya lewat kerjasama Blaise Matuidi dengan Karim Benzema pada  menit 25, namun datang bola lebih cepat dari sambutan Benzema sehingga hanya menghasilkan tendangan gawang.

Sembilan menit kemudian giliran tendangan sambil membelakang dari pemain Jerman Benedikt Howedes yang menyambut tendangan penjuru membentur Matuidi untuk menciptakan sepak pojok lainnya.

Lalu satu menit dari itu, pada menit 34, Prancis hampir menyamakan kedudukan ketika kerjasama tiga pemain nyaris berbuah gol. Raphael Varane melepaskan umpan jauh yang diterima dengan baik oleh Antoine Griezmann.

Griezmann yang membawa bola ke sisi kiri pertahanan Jerman lalu melepaskan umpan silang kepada Mathieu Valbuena yang disambutnya dengan tendangan yang tepat dihadang kiper Jerman Manuel Neuer. Bola masih jatuh ke kaki Benzema namun sontekannya malah mengenai kaki Bastin Schweinsteiger untuk menciptakan tendangan penjuru.

Benzema berusaha beberapa kali menciptakan gol tapi berhasil, termasuk upayanya memanfaatkan umpan jauh dari Patrice Evra namun sundulan Benzema dihadang Hummels sebelum sampai kepada Neuer.

Semenit kemudian tendangan keras Benzema yang memanfaatkan umpan jauh lainnya dari Paul Pogba ditangkap sempurna oleh Neuer. Sampai babak pertama usai kedudukan tetap 1-0 untuk Jerman.

Kedua tim bermain relatif seimbang dengan Jerman sedikit lebih banyak mengendalikan distribusi bola 55 persen, namun Prancis melampaui Jerman dalam hal menciptakan peluang, tujuh melawan dua.

Susunan pemain Prancis versus Jerman seperti disiarkan laman resmi Piala Dunia FIFA:

Prancis: Hugo Llorisl; Mathieu Debuchy, Patrice Evrà, Raphaël Varane, Mamadou Sakho; Yohan Cabaye, Blaise Matuidi, Paul Pogba; Mathieu Valbuena, Karim Benzema, Antoine Griezmann

Jerman: Manuel Neuer; Benedikt Höwedes, Mats Hummels, Philipp Lahm, Jérome Boateng; Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos; Mesut Özil, Miroslav Klose, Thomas Müller






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014