Kendari (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Kendari mengingatkan nelayan dan kapal jasa untuk mewaspadai gelombang tinggi yang diprakirakan mencapai 5 meter di perairan Kepulauan Wakatobi.

Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Aris Yunatas di Kendari, Minggu, mengatakan arah dan kecepatan angin umumnya dari timur laut sampai tenggara dengan kecepatan 1-10 knot.

Ketinggian gelombang 5 meter juga diramalkan terjadi di perairan Menui Kendari, Laut Seram Bagian Timur, perairan selatan Ambon, Laut Banda bagian Utara dan selatan.

Perairan Kepulauan Babar, perairan kepulauan Semata, Kepulauan Leti, Laut Arafuru bagian Barat dan Laut Arafuru bagian Tengah juga tidak boleh diremehkan karena ketinggian gelombang sekitar 4-5 meter.

Ketinggian gelombang di perairan Bau Bau, Teluk Tolo, perairan kepulauan Banggai, kepulauan Sula, Laut Banda Timur Sultra, Laut Seram Bagian Barat, perairan kepulauan Kai dan perairan kepulauan Aru tidak boleh diremehkan karena ketinggian gelombang diperkirakan 4-5 meter.

Suhu udara rata-rata 28 derajat celcius, minimum 24 derajat celcius dan maksimum 32 derajat celcius.

"BMKG mengimbau pemilik kapal, calon penumpang dan pihak syahbandar agar cermat mengeluarkan surat izin berlayar," kata Aris.

Prakiraan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari berlaku selama 2 x 24 jam mulai 5 sampai 6 Juli 2014.

(S032/N002)

Pewarta: Sarjono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014