Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang biasa dipanggil Ahok mengaku senang penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada Rabu (9/7) berlangsung aman.

"Saya bersyukur sekali pelaksanaan Pilpres di Jakarta kemarin berlangsung dengan aman dan sukses. Secara keseluruhan, situasinya pun sangat kondusif," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta itu pun menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi demi menciptakan Pilpres yang aman tersebut.

"Kepada aparat keamanan, anggota DPRD DKI Jakarta, para tokoh, pemuka agama serta seluruh lapisan masyarakat, saya berterima kasih yang sebesar-besarnya karena telah menciptakan suasana yang kondusif selama pelaksanaan Pilpres kemarin," ujar Basuki.

Terkait pelaksanaan Pilpres 2014 di Jakarta, mantan Bupati Belitung Timur itu pun menilai antusiasme warga yang berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahun sekali itu cukup tinggi.

"Dalam penyelenggaraan Pilpres kali ini, saya lihat warga antusias sekali menggunakan hak pilihnya. Mereka ramai-ramai datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mungkin karena antusiasme itu pula, kondisi lalu lintas di Jakarta kemarin menjadi lengang," tutur Basuki.

Basuki bersama istrinya Veronica Tan menggunakan hak pilihnya di TPS 065 yang berlokasi di Muara Karang, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Pelaksanaan Pilpres 2014 diikuti oleh dua pasangan kandidat calon presiden dan calon wakil presiden, yaitu Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa dan Joko Widodo dengan Jusuf Kalla.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014