London (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, Kamis, menyambut baik penunjukan Staffan de Mistura sebagai Perwakilan Khusus baru Perserikatan Bangsa Bangsa di Suriah menggantikan Lakhdar Brahimi.

"Saya menyambut penunjukan Sekretaris Jenderal PBB Staffan de Mistura. Konflik yang memburuk telah menyebabkan ratusan ribu kematian, meninggalkan jutaan orang yang membutuhkan dan mengungsi dari rumah mereka, dan telah menciptakan ruang bagi ekstremisme menyebar melalui wilayah ini dan sekitarnya," kata Hague.

"Penunjukannya datang pada saat kebutuhan untuk penyelesaian politik di Suriah tidak pernah lebih mendesak," jelasnya.

"Transisi politik oleh kesepakatan para pihak Suriah, yang didukung oleh masyarakat internasional, tetap satu-satunya cara untuk menciptakan perdamaian yang berkelanjutan di Suriah."

"Wakil Khusus PBB baru memiliki dukungan kuat kami dalam upaya ini," tambah Menteri Luar Negeri, seperti dilaporkan KUNA.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Kamis, mengumumkan penunjukan diplomat Italia-Swedia Staffan de Mistura sebagai utusan khusus baru bertugas menyelesaikan perang di Suriah.

De Mistura menggantikan Lakhdar Brahimi, yang mengundurkan diri pada Mei setelah dua putaran pembicaraan damai tidak membuahkan hasil nyata dan saat konflik meningkat menjadi tahun keempat, menewaskan lebih dari 162.000 orang, demikian menurut AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014