Amsterdam (ANTARA News) - Legenda Barcelona, Johan Cruyff percaya bahwa kedatangan Luis Suarez, berarti akan membuat barisan penyerang Barca diisi oleh pemain-pemain yang cenderung mengandalkan kemampuan individual, bukan kolektif.

Pelatih asal Belanda yang pernah dipecat sebagai pemain dan pelatih di Camp Nou ini juga mengatakan pindahnya Suarez dari Liverpool dan bergabung dengan Neymar dan Lionel Messi di lini depan akan merugikan Barcelona yang bermain sebagai tim.

Pemain tim nasional Uruguay, Suarez dilarang dari seluruh kegiatan sepak bola selama empat bulan setelah mengiggit pemain asal Italia Giorgio Chiellini di piala dunia 2014. Walaupun demikian Barcelona tetap mendatangkannya dari Liverpool dengah merogoh kocek hingga 75 juta pound.

Cruyff menulis di sebuah kolom surat kabar Belanda, De Telegraaf, "Saya tidak melihat bagaimana Barcelona berniat melanjutkan skema permainan dengan cara yang sama, dengan fokus kepada Messi, Neymar, dan Luis Suarez."

Cruyff menambahkan, "Ketiganya terlalu individual. Dengan menandatangkan Suarez, klub menunjukkan lebih cenderung memilih pemain yang genius secara individual daripada tim."

Dia juga mengatakan tampilan Blaugrana tidak bagus untuk tim secara keseluruhan.

Cruyff mengatakan, "Cara bermain yang telah dikembangkan Frank Rijkaard dan Pep Guardiola sudah mulai luntur."

Selain itu, Cruyff juga mengecam permainan sepak bola negatif dari beberapa negara peserta piala dunia, tetapi memuji Jerman karena cara bermainnya

"Negara seperti Argentina, Brasil, dan Belanda punya cukup pemain untuk membuat perbedaan," kata Cruyff seperti dilansir ESPN. "Murni untuk sepak bola, saya senang dengan Jerman."

 

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014