Jakarta (ANTARA News) - Laga persahabatan Prancis melawan Belanda hari ini akan ditandai jeda untuk satu menit mengheningkan cipta pada menit ke-14 guna mengenang Johan Cruyff, umum asosiasi sepak bola Belanda KNVB) seperti dikutip laman ESPN.

Cruyff, yang pernah memperkuat dan melatih Ajax dan Barcelona, meninggal dunia pada usia 68 tahun kemarin akibat kanker paru-paru.

Belanda akan menjamu Prancis Jumat malam waktu setempat atau Sabtu dini hari nanti di Amsterdam Arena dan akan memberikan penghormatan kepada penerima Ballon d'Or tiga kali itu yang terkenal selalu mengenakan kostum nomor 14 selama karirnya.

"KNVB, termasuk tim nasional Belanda, staf dan para direktur yang bertemu di Noordwijk, bersedih atas kabar bahwa Johan Cruyff meninggal dunia Kamis di Barcelona dalam usia 68 tahun. Cruyff tutup usia di tengah kehadiran keluarganya, kepada siapa kami menyampaikan belasungkawanya saat ini."

Presiden KNVB Michael van Praag, yang juga presiden kehormatan Ajax, menyerukan Amsterdam Arena untuk dinamai kembali dengan Cruyff demi menghormati sang legenda.

"Ajax akan menamai Arena dengan Johan," kata dia kepada NOS. "Itulah yang saya sampaikan sebagai ketua kehormatan Ajax."

Wali Kota Amsterdam Eberhard van der Laan berkata kepada De Telegraaf bahwa dia yakin banyak penggemar Ajax yang ingin menamai kembali stadion itu dengan nama mantan pemain dan manajer besarnya itu.

Kemarin, musuh bebuyutan Ajax, Feyenoord --klub terakhir yang dibela Cruyff-- berhenti sejenak pada laga persahabatan melawan Sparta Rotterdam pada menit ke-14 untuk mengenang Cruyffe.

Blaise Matuidi menjanjikan bahwa Prancis akan menghormati Cruyff dengan tampil bagus melawan Belanda.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016