... harus menjadi perhatian serius kita semua... "
Sampit, Kalimantan Timur (ANTARA News) - Praktik prostitusi terselubung di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, sudah sangat memprihatinkan karena sudah melibatkan anak di bawah umur, bahkan ada yang berstatus pelajar.

"Ada yang masih sekolah SMA dan masih di bawah umur. Ini memang fakta sangat memprihatinkan, khususnya bagi kita para orangtua. Ini harus menjadi perhatian serius kita semua," ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kotawaringin Timur, Rihel, di Sampit, Kamis

Dari beberapa kali razia penyakit masyarakat belum lama ini, lebih dari sepuluh anak di bawah umur yang terjaring razia dan diketahui menjadi pemuas nafsu lelaki.

Hasil perbincangan dengan para belia tersebut, rata-rata mengaku terjerumus ke lembah hitam itu karena dua alasan, yakni faktor ekonomi dan ada pula yang terpengaruh pergaulan bebas.

"Ada yang mendapat kiriman uang sangat sedikit dari keluarganya di kampung, sementara di Sampit ini mereka harus bayar sewa barak, biaya sekolah dan lainnya, akhirnya karena tidak kuat godaan, mereka terjerumus prostitusi. Tapi ada pula yang disebabkan pergaulan bebas," katanya.

Pewarta: Norjani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014