... doakan janji dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu benar dan tidak bohong... "
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, mengajak Jakmania (sebutan suporter fanatik Persija) mengawal janji pemerintah DKI Jakarta terkait rencana pembangunan stadion yang akan menjadi markas tim berjuluk Macan Kemayoran itu.

Selama ini Jakmania bersama Persija bermarkas di Stadion Lebakbulus. Hanya saja stadion legendaris itu sebentar lagi akan digusur dan akan dijadikan depo pusat LRT, busway maupun monorail.

"Mari kita doakan janji dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu benar dan tidak bohong," kata Roy Suryo di sela buka bersama dengan Jakmania di Stadion Lebakbulus Jakarta Selatan, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya sepakat jika klub sebesar Persija harus mempunyai stadion yang representatif. Apalagi tim yang berjuluk Macan Kemayoran ini mempunyai sejarah panjang bagi masyarakat ibukota. Hanya saja semuanya harus disiapkan secara baik.

Pernyataan orang nomor satu di Kementerian Pemuda dan Olahraga itu bukan tanpa alasan. Tanah di kompleks Taman BMW yang akan dibangun stadion standart internasional masih bermasalah sehingga harus diselesaikan terlebih dahulu.

"Kalau janji  DKI Jakarta tidak benar maka kita harus menagih janji. Kami berharap apa yang dikatakan pengprov bisa berjalan sesuai dengan aturan yang ada," katanya menambahkan.

Ajakan Suryo mengawal kebijakan dari Pengprov DKI Jakarta terkait pembangunan stadion di Taman BMW mendapatkan dukungan dari Jakmania yang kebetulan hadir di Stadion Lebakbulus.

Realisasi pembangunan stadion di Taman BMW juga didukung mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga mantan Ketua Umum Persija, Sutiyoso. Menurut dia, pembangunan stadion baru itu program lama yang belum terselesaikan.

"Pembongkaran stadion Lebakbulus sudah direncanakan sejak dulu. Tempat ini akan dijadikan sentral untuk moda transportasi MRT, busway dan monorail. Yang jelas perkembangan Jakarta tidak bisa ditolak," kata Sutiyoso.

Pembongkaran Stadion Lebakbulus saat ini masih terganjal. Hal ini terkait dengan adanya perseteruan antara pihak Pengprov DKI Jakarta dengan Kemenpora. Pihak Kemenpora meminta pembongkaran dilakukan setelah permasalahan di Taman BMW sudah diselesaikan.

Sementara itu Kepada Dispora DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, proses pembangunan stadion di Taman BMW terus berjalan sesuai dengan rencana. Bahkan setiap tahun sudah dianggarkan untuk pembangunan stadion itu. Adapun masalah status tanah saat ini masih diurus di BPN.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014