PBB, New York (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon berencana mengunjungi Jerusalem, Ramallah, dan kota besar lain dalam lawatan yang dimulai sejak Minggu.

"Sekretaris jenderal dijadwalkan mengunjungi Timur Tengah pekan ini guna menyampaikan solidaritas untuk orang Israel dan Palestina dan membantu mereka, melalui koordinasi dengan pelaku regional dan internasional, guna mengakhiri kerusuhan dan menemukan jalan ke luar," kata kantor juru bicara Sekjen PBB.

Persinggahan pertama Ban adalah Doha, Qatar. Dari sana, ia direncanakan pergi ke Kota Kuwait, Kairo, Jerusalem, Ramallah dan Amman, guna mengupayakan gencatan senjata yang langgeng, demikian laporan Xinhua.

Ban lewat juru bicaranya pada Kamia menyerukan segera diakhirinya "penembakan roket secara membabi-buta oleh HAMAS ke dalam wilayah Israel dan aksi pembalasan Israel".

Ia meminta semua pihak berusaha sekuat mungkin "untuk melindungi warga sipil dan staf serta kompleks PBB, dan menjamin bahwa bantuan kemanusiaan terus bisa mencapai semua orang yang memerlukan".

Tentara Israel melancarkan serangan darat ke Jalur Gaza, yang dikuasai HAMAS, pada Kamis malam, setelah berhari-hari pemboman gencar.

Sempat ada gencatan senjata singkat pada Kamis pagi, tapi pertempuran berlanjut di sepanjang perbatasan Jalur Gaza setelah gencatan senjata lima-jam tersebut.

Gencatan senjata lima jam yang diperantarai PBB itu untuk memberi kesempatan masuknya bantuan kemanusiaan.

(Uu.C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014