Untuk Puskesmas kita siapkan 24 jam. Jadi tidak ada libur,"
Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengintruksikan seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Jawa Barat tetap buka melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis pada musim libur Lebaran 2014.

"Untuk Puskesmas kita siapkan 24 jam. Jadi tidak ada libur," kata Gubernur di Bandung, Senin.

Ia menuturkan larangan libur itu karena Puskesmas memiliki peran yang penting untuk membantu atau melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Terutama, lanjut dia, Puskesmas yang berada di jalur utama arus mudik lebaran yang harus siaga membantu pemudik jika mengalami kecelakaan lalu lintas.

Bahkan, menurut Heryawan, pelayanan Puskesmas bukan hanya di kawasan kota atau jalan besar, tetapi seluruh Puskesmas di pelosok terpencil tetap beroperasi memberikan pelayanan kesehatan.

"Termasuk Puskesmas yang ada di pelosok sekalipun, karena tentu kecelakaan rawan terjadi," kata Gubernur.

Selain Puskesmas, Gubernur juga telah mengintruksikan seluruh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau milik pemerintah kota/kabupaten tetap beroperasi melayani masyarakat.

Bahkan rumah sakit swasta atau milik TNI/Polri, kata Gubernur, telah diimbau untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan seperti biasanya.

"Seluruh rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta, termasuk Rumah Sakit TNI/Polri untuk tetap buka," kata Heryawan.

(KR-FPM/F002)

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014