Shanghai (ANTARA News) - Pengawas Makanan Tiongkok telah memeriksa hampir 600 restoran serta perusahaan dan pemasok makanan setelah merebaknya kekhawatiran mengenai keamanan makanan dalam kasus yang melibatkan jaringan rumah makan terkenal.

Kepolisian Shanghai telah menahan lima orang termasuk kepala bagian kualitas produksi di perusahaan Husi Food, pemasok bahan makanan untuk jaringan rumah makan asing seperti McDonalds, KFC, Starbuck atas dugaan memasok daging kedaluarsa.

Husi Food di Shanghai adalah perusahaan di bawah kelompok OSI --yang berkantor pusat di illinois, Amerika Serikat.

Yum Brands Inc, yang memiliki KFC dan Pizza Hut, memutuskan hubungan dengan OSI, dan McDonalds mengalihkan pasokan dari Shanghai ke pabrik baru OSI di provinsi Henan.

Pengawas Makanan dan Obat di Shanghai mengatakan telah meninjau 581 rumah makan dan fasilitas makanan yang diduga menggunakan bahan dari Husi Food dan mengirim 875 petugas untuk melakukan pemeriksaan.

Kepolisian Tiongkok, pemerintah daerah dan jaksa penuntut kini dilibatkan dalam menangani kasus itu. Polisi tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai mereka yang ditahan.

Masalah tersebut terungkap setelah sebuah stasiun televisi pada Minggu memperlihatkan seorang pagawai di Husi Food Shanghai mengambil daging kadaluarsa, memungut daging dari lantai dan mencampurnya.

Sejumlah bekas pegawai di tempat itu mengatakan kepada Reuters bahwa pengawasan di pabrik itu sangat longgar, meskipun pekerja OSI di unit lain mengatakan bahwa manajemennya ketat.

OSI dalam pernyataannya mengatakan bahwa pihak berwenang di Tiongkok sudah memeriksa seluruh pabrik dan tidak menemukan masalah.

Perusahaan itu meminta maaf kepada pelanggan di Tiongkok dan mengatakan bahwa apa yang terjadi di Husi Shanghai tidak dapat dibenarkan.

"Kami akan bertanggung jawab dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan kejadian seperti ini tidak akan terulang untuk masa mendatang," kata direktur dan kepala perusahaan itu Sheldon Lavin.

(Uu.M007)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014