Kiev,Ukraina (ANTARA News/AFP) - Tentara Ukraina mengatakan, mereka telah merebut kembali satu kota di pinggiran pangkalan utama pemberontak di Donetsk, dan mencegat satu konvoi kendaraan lain yang melintas dari Rusia, Rabu.

Pasukan pemerintah Ukraina menyebutkan, mereka merebut Avdiyivka, satu kota berpenduduk sekitar 40.000 jiwa kira-kira 12 km utara Donetsk, sementara Kiev memperketat cengkeramannya di sekitar pangkalan utama pemberontak itu.

Sementara itu, pertempuran meletus di daerah sekitar jatuhnya satu pesawat maskapai penerbangan Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17, dengan pasukan pemerintah mengatakan mereka sedang melakukan satu operasi "pembersihan" di kota Ilovaysk, sekitar 40km barat lokasi jatuhnya pesawat itu.

Kemajuan terbaru itu terjadi saat pasukan pemerintah berusaha mendorong serangan di mana mereka telah menguasai sejumlah kota penting dalam beberapa pekan belakanan ini, dan dengan demikian mereka bisa memutuskan rute-rute pasokan dari Rusia ke pemberontak yang berpangkalan di Donetsk.

Militer mengatakan mereka telah melepaskan tembakan dari tank untuk menghancurkan satu konvoi kendaraan yang melintasi perbatasan Rusia Rabu pagi dan pasukan di pos perbatasan Dovzhansky telah ditembaki dari Rusia.

Tidak ada korban Selasa malam itu, kata pernyataan itu.

Sementara pertempuran juga berkobar di pangkalan kedua pemberontak di Lugansk dengan pihak berwenang lokal mengatakan seorang warga sipil tewas dan sepuluh orang lainnya cedera dalam bentrokan selama 24 jam belakangan ini.
(Uu.H-RN)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014