Semarang (ANTARA News) - Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah akan diperkuat konstruksi pancang tiang beton sebagai tumpuan.

"Di bagian barat Jembatan Comal akan dilakukan perkuatan dengan konstruksi pancang tiang beton untuk menggantikan yang lama. Sedangkan yang lama akan dirobohkan dan diganti dengan yang baru," kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Bambang Nugroho di Semarang, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa desain konstruksi untuk perkuatan Jembatan Comal sudah ada dan diharapkan bisa segera dilakukan pengerjaannya dengan target dua bulan selesai.

"Untuk perbaikan oprit Jembatan Comal yang saat ini menggunakan armco dan tanah urugan juga akan diganti dengan dengan perkuatan model tiang pancang sepanjang 20 meter sehingga lebih kuat," ujarnya.

Menurut dia, arus lalu lintas yang melintas di Jembatan Comal akan dialihkan ke jalur-jalur alternatif selama proses pengerjaan perkuatan berlangsung.

"Lalu lintas tidak ditutup total tapi dialihkan ke jalur-jalur alternatif seperti Pejagan, Prupuk, dan Pemalang seperti yang dilakukan sekarang," katanya.

Pengerjaan perkuatan Jembatan Comal oleh petugas Satuan Kerja Wilayah I, kata Bambang, akan dilakukan secara bertahap yakni dimulai dari sisi sebelah selatan (Semarang-Jakarta) baru kemudian sisi utara (Jakarta-Semarang).

"Harapan kami seluruh pengerjaan dapat selesai dalam waktu dua bulan sehingga perlu ada akselerasi," ujarnya.

Pewarta: Wisnu Adhi N
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014