Washington (ANTARA News) - Militer AS kembali melancarkan serangan udara ke Irak utara untuk mencegah serangan kepada warga Yazidi, kata Pentagon merujuk hari kedua kampanye militer AS di Irak.

Serangan udara pertama dilakukan pada pukul 11.20 waktu Washington atau 22.20 WIB tadi malam, yang melibatkan pesawat tempur dan pesawat tak berawak (drone), kata Komando Tengah Amerika Serikat yang cakupan operasinya meliputi Timur Tengah.

Serangan ini menargetkan dua kendaraan pembawa personil yang menembaki warga Yazidi dekat Sinjar. Satu dari dua kendaraan tempur ISIS terkena dan hancur.

Dua menit kemudian, setelah memonitor kendaraan pembawa personil yang kedua, pesawat tempur AS menghancurkan dua wahana pengangkut personil lainnya dan sebuah truk bersenjata.

Pada sekitar pukul 3.00 sore waktu Washington (02.00 WIB dini hari tadi), pesawat tempur AS menghancurkan sebuah kendaraan pengangkut personil lainnya di dekat Sinjar.

Sehari sebelumnya dua gelombang serangan udara menghajar posisi artileri ISIS, menghancurkan sebuah konvoi militan dan membunuh tim mortar.

AS juga menjatuhkan makanan dan air bersih kepada ribuan warga Yazidi yang terperangkap di Gunung Sinjar sejak ISIS menyerbu tempat tinggalnya seminggu lalu, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014