Jakarta (ANTARA News) - Aktor dan komedian peraih Oscar Robbin Williams ditemukan meninggal dunia di rumahnya di California Utara Senin waktu AS dengan dugaan bunuh diri, kata Kantor Sheriff Marin County seperti dikutip Reuters.

Divisi forensik sheriff itu mengatakan bahwa dia diduga bunuh diri karena asphyxia (darah kekurangan oksigen), namun penyebab kematian masih diselidiki.

"Pagi ini, saya kehilangan suami sekaligus sahabat terbaik saya, sementara dunia kehilangan salah seorang artis dan insan paling dicintainya. saya sungguh patah hati," kata sang istri, Susan Schneider.

Williams yang memenangi Oscar berkat perannya sebagai ahli terapi pada film produksi 1997 "Good Will Hunting" diserang depresi berat belakangan ini, kata Mara Buxbaum.

Williams yang mulai dikenal lewat serial televisi 1970-an "Mork & Mindy" dan di masa lalu berjuang dari kecanduan, masuk pusat rehabilitasi di Minnesota bulan lalu untuk memulihkan ketenangannya.

Perwakilannya saat itu mengatakan bahwa Williams tidak menggunakan obat-obatan atau alkohol namun dirawat di pusat rehabilitasi itu demi memulihkan dan memokuskan pada ketenangannya setelah bekerja dengan jadwal lebih lama dari biasanya.

Kantor Sheriff Marin County mengaku telah menerima panggilan darurat sekitar siang hari Senin waktu AS, yang mengatakan bahwa Williams dalam keadaan tidak sadar dan tidak bernafas di rumahnya di dekat Tiburon, arah utara San Francisco.

Temannya sesama komedian Steve Martin menyampaikan cuitan, "Saya tak bisa lebih kaget lagi  oleh kehilangan Robin Williams, talenta hebat, mitra berakting, hatinya yang tulus."



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014