Hanoi (ANTARA News) - Total 626 pekerja Vietnam di Libya telah kembali ke Hanoi 11 Agustus, kata Bagian Pengelola Pekerja Luar Negeri Kementerian Tenaga Kerja, Penyandang Cacat dan Urusan Sosial Vietnam, Senin.

Pada Senin, sekitar 94 tenaga kerja yang bekerja di bawah perusahaan Vinamex Vietnam dan mitra Hyundai Engineering Korea Selatan di Libya pulang dengan pesawat carteran Vietnam Airlines, sementara 79 lainnya kembali ke Vietnam melalui penerbangan komersial, kata departemen itu.

Menjelaskan mengapa hanya 94 pekerja yang pulang dengan pesawat carteran kedua, bukan 254 orang seperti yang direncanakan, wakil direktur jenderal Vinamex Nguyen Duc Cuong mengatakan kepada kantor berita milik pemerintah, VNA, Senin, bahwa hal itu berkaitan dengan beberapa masalah.

Pesawat yang diperkirakan akan membawa pekerja Vietnam dari Libya tidak diizinkan untuk mendarat di Mesir, dan Hyundai Engineering akan berkoordinasi dengan Vietnam Airlines untuk membawa sisa lebih dari 400 pekerja yang bekerja sebagai kontraktor itu ke Vietnam dalam beberapa hari mendatang, kata Cuong.

Menurut Le Hai Binh, juru bicara kementerian luar negeri Vietnam pada konferensi pers di ibu kota Hanoi Kamis lalu, ada sekitar 1.550 warga Vietnam yang bekerja di Libya.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014