Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat pada Rabu (20/8) menawarkan hadiah 30 juta dolar AS bagi pemberi informasi tentang lima pemimpin Jaringan Haqqani, kelompok berafiliasi dengan Taliban yang disalahkan atas serangan mematikan terhadap pasukan pimpinan NATO dan Amerika di Afghanistan.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikar mengumumkan pemberian hadiah masing-masing lima juta dolar AS kepada pemberi informasi mengenai Aziz Haqqani, Khalil Ar-Rahman Haqqani, Yahya Haqqani dan Abdul Rauf Zakir, serta menggandakan hadiah menjadi 10 juta dolar AS untuk informasi tentang lokasi pemimpin kelompok itu, Sirajuddin Haqqani.

Kelompok yang berpusat di Pakistan tersebut, katanya antara lain melancarkan serangan 19 jam ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Ibu Kota Afghanistan, Kabul, dan markas pasukan koalisi di dekatnya pada September 2011, menewaskan 16 orang termasuk sembilan penyerang.

Departemen Luar Negeri AS mencap kelompok tersebut sebagai "organisasi teroris asing" pada September 2012, demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua. (Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014