Kabul (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Seorang pemimpin senior jaringan Haqqani telah ditangkap di Afghanistan oleh Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) yang dipimpin NATO, kata aliansi militer itu dalam satu pernyataan yang dikeluarkan Sabtu.

"Satu gabungan pasukan keamanan Afghanistan dan koalisi menangkap pemimpin senior jaringan Haqqani di Afganistan selama operasi keamanan di kabupaten Jani Khel, provinsi Paktiya Selasa," kata pernyataan itu.

"Pasukan keamanan menahan Haji Mali Khan, paman dari Siraj dan Badruddin Haqqani serta komandan senior Haqqani di Afghanistan. Dia adalah salah satu anggota peringkat tertinggi jaringan Haqqani dan sesepuh yang dihormati dari klan Haqqani," kata pernyataan itu.

Mali Khan, menurut pernyataan itu, memindahkan pasukan dari Pakistan ke Afghanistan untuk melakukan kegiatan teroris.

Jalaluddin Haqqani secara konsisten menempatkan Mali Khan di posisi penting tertinggi.

Pada tahun lalu, Haji Mali Khan mendirikan satu kamp gerilyawan di tanah suku Mangal, di Paktiya provinsi, mengkoordinasikan transfer uang untuk operasi pemberontak, dan memfasilitasi akuisisi persediaan, kata pernyataan itu menegaskan.

"Meskipun ia bersenjatakan berat selama operasi yang menyebabkan penangkapannya, Mali Khan diserahkan kepada pasukan keamanan tanpa insiden atau perlawanan," kata pernyataan itu.

"Jaringan Haqqani dan tempat persembunyiannya yang aman tetap menjadi prioritas utama bagi pasukan Afghanistan dan koalisi.

"Pasukan keamanan telah melakukan lebih dari 500 operasi sejauh tahun ini (2011) dalam upaya untuk mengganggu kepemimpinan jaringan Haqqani, dan mengakibatkan kematian 20 fasilitator jaringan serta menangkap hampir 300 pemimpin pemberontak dan 1.300 orang yang dicurigai sebagai pemberontak Haqqani," kata pernyataan ISAF.

Penangkapan Mali Khan terjadi dilakukan atas tuduhan Mike Mullen, mantan Pemimpin Kepala Staf Gabungan AS, yang menggambarkan jaringan Haqqani sebagai "benar-benar tangan" dari dinas intelijen Pakistan, pekan lalu.

Didirikan oleh Jalaludin Haqqani Mawlawi, ayah Sirajudin Haqqani, jaringan Haqqani adalah sayap militer Taliban dan telah beroperasi di ibu kota Afghanistan Kabul dan provinsi-provinsi Afghanistan timur di sepanjang perbatasan dengan daerah kesukuan Pakistan.

"Penangkapan Haji Mali Khan menandai sebuah tonggak penting dalam gangguan terhadap jaringan Haqqani," kata pernyataan ISAF.

Kelompok gerilyawan Taliban belum membuat komentar mengenai insiden ini.

(AK/RN)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011