Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Sohibul Iman mengatakan kawasan Asia Tenggara harus bebas dari tindak korupsi.

Sohibul mengemukakan hal tersebut saat membuka Board Meeting dari The Southeast Asian Parliamentarians Against Corruption (SEAPAC).

Adapun tema pertemuan SEAPAC Board Meeting and Workshop Stronger Ethics and Integrity adalah Path Fo Parliament of Combat Corruption. Pertemuan berlangsung 28-29 Agustus 2014.

"Pertemuan ini merupakan bagian penting dari langkah besar untuk mewujudkan kawasan Asia Tenggara yang bebas korupsi, penuh kemakmuran, keadilan dan ketenteraman," kata Sohibul saat menyampaikan sambutan pada pembukaan pertemuan SEAPAC di Jakarta, Kamis.

Terlebih pada tahun 2015, katanya, kawasan Asia Tenggara akan memasuki era Komunitas ASEAN, era yang mensyaratkan keterbukaan dalam berbagai bidang, termasuk arus lalu lintas barang, jasa, manusia, informasi serta adanya lingkungan yang bebas dari korupsi, baik pada tingkat nasional maupun kawasan.

"Tidak mungkin kawasan Asia Tenggara akan tumbuh menjadi kawasan yang penuh kemakmuran, kedamaian dan keadilan bila tindak korupsi masih menjadi tantangan terbesar di kawasan ini," katanya.

Atas dasar komitmen mewujudkan Asia Tenggara yang bebas dari korupsi itulah, kita hadir dalam pertemuan ini.

"Pertemuan ini untuk melakukan koordinasi, merancang serta menyepakati berbagai rekomendasi yang implementatif menuju ide besar membangun kawasan Asia Tenggara yang bebas korupsi," ujar Sohibul.

Delegasi parlemen Indonesia terdiri dari Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP), Surahman Hidayat dengan anggota Hidayat Nur Wahid, Siswono Yudhohusodo, Susaningtyas Kertopati, M Najib, Evita Nursanti, Nurhayati Ali Assegaf, Otong Abdurahman.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014