Pontianak (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat hingga kini belum membuka pendaftaran seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2014.

"Badan Kepegawaian Daerah se-Kalbar sepakat bahwa penerimaan dilakukan secara serentak," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalbar Kartius di Pontianak, Senin.

Namun, lanjut dia, hingga kini masih ada tiga daerah yang belum mendapat formasi CPNS meski kuota sudah diterima.

Ketiga daerah itu yakni Kabupaten Landak, Melawi, dan Sintang. Ia mengatakan, beberapa waktu lalu sudah melakukan rapat koordinasi dengan BKD se-Kalbar.

"Dan kami kompak, satu belum keluar (formasi), kami belum juga," katanya menegaskan.

Ia membantah anggapan bahwa tidak adanya kepastian rekrutmen PNS karena BKD Provinsi tidak siap.

"Kami siap, tapi kan belum ada formasi semua," kata Kartius.

Ia mengaku tidak mengetahui alasan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi sehingga penetapan formasi belum semua.

Meski waktu pendaftaran CPNS terus berlangsung, namun ia yakin kebijakan di Kalbar tidak akan terpengaruh. "Kami sudah melapor ke Ombudsman, dan minta agar disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi," kata dia.

Pihaknya malah menilai pemerintah pusat tidak konsisten dalam penerimaan CPNS. "Waktunya berubah-ubah, ada yang bilang 12 hari, ada juga 14 hari," kata Kartius.

Saat ini, masyarakat dapat melihat formasi dari kuota daerah yang sudah diterbitkan kementerian. Namun mereka tidak dapat melakukan registrasi.

(T011/Z002)

Pewarta: Teguh I Wibowo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014