Maiduguri, Nigeria (ANTARA News) - Gerilyawan Boko Haram merebut satu kota di bagian timur laut Negeria setelah pertempuran selama beberapa jam yang menewaskan sejumlah orang dan menyebabkan ribuan warga mengungsi, kata beberapa sumber keamanan, Selasa.

Kelompok itu melancarkan serangan ke kota Bama, 70 km dari ibu kota negara bagian Borno, Maiduguri, Senin. Mereka awalnya dipukul mundur tetapi kembali menyerang dengan jumlah petempur yang lebih banyak pada Senin malam, kata sumber-sumber itu dan para saksi mata.

Juru bicara Departemen Pertahanan Nigeria tidak bisa dihubungi segera untuk diminta komentar. Sumber-sumber itu mengatakan banyak korban jatuh pada kedua pihak. Satu sumber keamanan mengatakan sekitar 5.000 orang mengungsi.

Dua bulan setelah gerilyawan Islam di Irak dan Suriah mengumumkan daerah yang mereka rebut sebagai satu kekhalifahan Islam, Boko Haram juga untuk pertama kali secara tegas menyatakan daerah yang dikatakan telah dikuasainya adalah bagian dari Nigeria timur laut.

Gerilyawan itu juga telah merebut kota pertanian terpencil Gwoza di perbatasan Kamerun, dalam pertempuran bulan lalu. Pemimpin kelompok itu Abubakar Shekau dalam satu rekaman video mengumumkan satu "wilayah Muslim yang akan diperintah berdasarkan hukum Islam."

Pasukan Shekau membunuh ribuan orang sejak melakukan pemberontakan tahun 2009 untuk membentuk satu negara Islam di Nigeria yang penduduknya menganut berbagai agama, dan dianggap ancaman keamanan terbesar pada negara penghasil energi terbesar di Afrika.

"Ketika kami mulai mendengar suara tembakan, semuanya bingung. Ada suara tembakan dari berbagai arah. Kami lari ke pinggiran kota itu," kata Bukar Auwalu, seorang pedagang yang lari bersama dengan istri, tiga anak dan abangnya kepada Reuters melalui telepon.

"Ada helikopter-helikopter militer dan satu jet tempur. Kami tidur di semak pinggiran kota," katanya, seperti dilaporkan Reuters.

(Uu.H-RN)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014