Kami juga siap menjawab dan merespon pertanyaan yang kami ketahui
Makkah (ANTARA News) - Selama penyelenggaran haji 2014, jamaah haji maupun keluarga yang ditinggalkan di Tanah Air tentu ingin mengetahui pemberitaan, informasi dan lainnya terkait penyelenggaraan haji baik di Arab Saudi maupun di Indonesia.

Kasi Media Center Haji, Rosidin Karidi Ratiban di Makkah, Rabu, mengatakan, Kementerian Agama menyediakan beberapa media yang bisa diakses atau diikuti secara online seperti situs, twitter, dan facebook.

Pertama tentu melalui situs kemenag.go.id. Di situs ini terdapat kanal khusus "Info Haji". Kanal ini berisi berita-berita terkini terutama dari Arab Saudi, selain pemberitaan dari Tanah Air.

Tidak hanya berita, nantinya kanal ini juga membuat data mengenai jamaah haji yang meninggal dunia yang antara lain memuat informasi nama, kloter, waktu, dan embarkasi jamaah yang meninggal.

Namun menurut Rosidin, data jamaah meninggal mungkin agak terlambat karena pihak Kemenag akan berhati-hati. Data baru dikeluarkan jika sudah ada keterangan atau surat resmi. Tentu ini agak terlambat jika dibandingkan dengan keterangan dari ketua regu jamaah tersebut yang bisa langsung menghubungi keluarga di Tanah Air.

Informasi dapat pula diperoleh dengan follow twitter @Kemenag_RI. Akun twitter ini antara lain menyajikan "Infohaji" dan "LiveReportHaji".

Untuk facebook, silakan lihat atau like akun Kementerian Agama RI. Khusus untuk Twitter dan Facebook, maka masyarakat bisa melakukan komentar terhadap informasi atau berita yang disajikan.

"Kami juga siap menjawab dan merespon pertanyaan yang kami ketahui. Kami menyiapkan petugas untuk menjawab," kata Rosidin.

Informasi lainnya bisa dilihat di kliping.kemenag.go.id yang berisi kliping pemberitaan dari berbagai media massa.

Selain itu, tentu saja pemberitaan penyelenggaraan haji dapat diikuti di media massa, baik cetak, online maupun, elektronik, yang melakukan liputan langsung ke Tanah Suci baik dari Jeddah, Madinah, atau Makkah.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014