Pontianak (ANTARA News) - Posisi Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Komisaris Besar (Pol) Hasanudin digantik oleh Kombes (Pol) Joko Iryanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Banten.

"Pergantian atau mutasi Wakapolda Kalbar dari pejabat sebelumnya Kombes (Pol) Hasanudin kepada pejabat baru Kombes (Pol) Joko Iryanto tidak ada kaitannya dengan mencuatnya kasus terlibatnya seorang Pamen Polda Kalbar terhadap jaringan narkoba internasional," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar AKBP Mukson Munandar di Pontianak, Jumat.

Sebelumnya, dua anggota Polda Kalbar, ditahan Polis Di Raja Malaysia (PDRM) di Kuching pada Jumat (29/8) karena terlibat jaringan sindikat narkoba internasional, satu di antaranya perwira menengah dengan pangkat AKBP yang pernah bertugas sebagai Kasubdit III Ditres Narkoba bernama Idha Endri Prastiono, sedangkan satu lagi Bripka MH Harahap, anggota Polsek Entikong.

Mukson menjelaskan pergantian pejabat utama Polda Kalbar tidak ada kaitannya dengan kasus keterlibatan salah seorang pamen di lingkungan Polda Kalbar pada jaringan narkoba internasional belum lama ini.

"Sebenarnya sprintnya pergantian wakapolda Kalbar sudah keluar sebelum kasus narkoba itu mencuat. Kombes (Pol) Hasanudin selanjutnya bertugas di Mabes Polri setelah dua tahun menjabat sebagai wakapolda Kalbar," ungkap Mukson.

Sertijab tersebut, dilaksanakan, Sabtu (6/9) pukul 10.00 WIB di Ruang Balai Kemitraan Polda Kalbar, yang akan dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar Brigjen (Pol) Arief Sulistianto.

Selain sertijab wakapolda Kalbar, besok juga akan dilaksanakan sertijab Irwasda Polda Kalbar dari pejabat sebelumnya Kombes (Pol) Hadi Sutoyo kepada Kombes (Pol) Didik Haryono yang sebelumnya menjabat sebagai Itwasum Mabes Polri, Hadi Sutoyo kemudian menjabat sebagai Irwasda Polda Jabar.

"Didik Haryono pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Kalbar tahun 2004 selama setahun, kemudian menjabat sebagai Kapolres Kapuas Hulu, sehingga beliau sudah cukup mengenal Kalbar," ujar Mukson.

Kapolda Kalbar Brigjen (Pol) Arief Sulistianto juga dijadwalkan akan memimpin sertijab Kapolresta Pontianak dari Kombes (Pol) Harianta yang kini Direktur Intel Polda Sumbar. Posisi Kapolresta Pontianak dijabat oleh Kombes (Pol) Raden Heru Prakoso yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sumut.

Pewarta: Andilala
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014