Ibadah ini membutuhkan fisik yang kuat. Kekuatan fisik dan kesehatan tergantung keikhlasan rohani. Jadi yang terpenting itu menguatkan motivasi menjalani ibadah ini,"
Bekasi (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berpesan kepada jemaah calon haji asal wilayah setempat untuk memperkuat motivasi dalam menempuh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci.

"Ibadah ini membutuhkan fisik yang kuat. Kekuatan fisik dan kesehatan tergantung keikhlasan rohani. Jadi yang terpenting itu menguatkan motivasi menjalani ibadah ini," ujarnya saat melepas jemaah calon haji yang tergabung dalam kloter 34 asal Karawang di Asrama Haji Jawa Barat Embarkasi Jakarta-Bekasi, Jumat.

Heryawan juga meminta agar jemaah tetap meyakini akan mendapat kemudahan dalam menjalani tahapan demi tahapan prosesi ibadah haji.

"Sudah banyak terjadi keunikan selama di Tanah Suci. Mereka yang sehari-hari sulit berjalan, tapi saat menunaikan ibadah haji ini justru mendapat kekuatan, sehingga bisa menjalani semua tahapan tanpa kendala," katanya.

Dalam pemaparannya di hadapan calon haji, Heryawan juga mengimbau kepada para petugas yang turut mendampingi para jemaah selama di perjalanan kembali ke Tanah Air agar menunaikan ibadah sekaligus menjalankan tugasnya sebaik mungkin.

"Kalau dua-duanya bisa dilakukan dengan baik, baru bisa disebut petugas haji mabrur," katanya.

Heryawan menambahkan, sepanjang penyelenggaraan penerimaan dan pemberangkatan jemaah calon haji tahun ini, belum ditemui hambatan atau kendala berarti, sehingga sejauh ini pelaksanaannya masih relatif lancar.

"Mudah-mudahan panitia tetap semangat menjalankan tugasnya sebaik mungkin hingga seluruh kloter diberangkatkan nanti," katanya.

(KR-AFR/E001)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014