Sukhotai (ANTARA News/TNA-OANA) - Perdana Menteri Thailand Jenderal Prayuth Chan-ocha meninjau situasi banjir dan mengunjungi korban di provinsi utara yang lokasinya lebih rendah di Sukhothai, dan berjanji bahwa pemerintahan barunya akan mencoba untuk memecahkan masalah banjir sesegera mungkin.

Didampingi oleh Menteri Perdagangan Jenderal Chatchai Sarikalaya, Wakil Menteri Pertahanan Jenderal Udomdej Sitabutr, Prayuth terbang ke Sukhothai dengan helikopter setelah memberikan pernyataan kebijakan pemerintah kepada Majelis Legislatif Nasional.

Mereka mendarat di Kabupaten Kong Krailat Sukhotai, dan langsung mengunjungi korban banjir.

Jenderal Prayuth mengatakan kepada para wartawan sebelum keberangkatannya bahwa sekitar delapan kabupaten di provinsi ini masih dilanda banjir.

Dia mengatakan, akan mencoba untuk memecahkan masalah banjir provinsi selama musim hujan dan kekeringan selama musim panas.

Namun, Jenderal Prayuth mengakui bahwa hal itu sulit untuk memecahkan masalah karena Sungai Yom, yang melewati Sukhothai memiliki "bentuk U" dan menguras air adalah tugas yang sulit.

Ia menegaskan, akan memerintahkan komite pengelolaan air dan pejabat terkait untuk memeriksa sungai dan menemukan solusi untuk masalah ini.

Masalah banjir sebelumnya telah menghancurkan 32 provinsi, terutama di Utara dan Timur Laut, tetapi beberapa dari mereka telah kembali normal, kata Jenderal Prayuth.

Dia menambahkan bahwa pemerintahnya akan mencoba untuk memecahkan masalah dan memberikan bantuan kepada korban banjir secepatnya.
(Uu.H-AK)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014