Sebanyak 8.179 orang warga mengungsi akibat rumah dan jalan raya tergenang banjir dengan tinggi mencapai 140 centimeter
Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman pelbagai berita peristiwa humaniora pilihan sepekan terakhir di Indonesia, mulai dari bencana banjir yang menyebabkan 8.170 warga Kabupaten Demak, Jawa Tengah terpaksa mengungsi, hingga prestasi Mahasiswa Universitas Sriwijaya meraih tiga medali emas Thailand Inventor Day IPITEX 2024.

1) Sebanyak 8.170 warga Kabupaten Demak mengungsi akibat banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Jawa Tengah mencatat ada sebanyak 8.179 orang warga daerah setempat yang mengungsi akibat rumah dan jalan raya tergenang banjir dengan tinggi mencapai 140 centimeter.

2) KLHK: Kelahiran dua orang utan di Kalbar harapan upaya pelestarian

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengumumkan dua individu orang utan yang lahir di Taman Nasional Betung Kerihan, Kalimantan Barat telah tumbuh sehat dan menjadi angin segar bagi upaya konservasi orang utan di Indonesia.

3) BMKG prakirakan curah hujan tinggi saat pemungutan suara Pemilu 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada 13-15 Februari 2024 atau bertepatan dengan periode pemungutan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2024 akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas tinggi menyasar sejumlah daerah di Indonesia.

4) PBB dukung pengelolaan sagu berkelanjutan bagi OAP di Kampung Yaboi

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melalui Food and Agriculture Organization (FAO) mendukung pengelolaan sagu berkelanjutan bagi orang asli Papua (OAP) di Kampung Yaboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

5) Mahasiswa Unsri raih emas Thailand Inventor Day IPITEX 2024

Mahasiswa Universitas Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan kembali menorehkan prestasi skala internasional dengan meraih tiga emas pada ajang Thailand Inventor Day IPITEX 2024. Melalui inovasi ekstrak daun pohon gambir sebagai krim kesehatan tubuh dan biskuit tulang ikan sebagai asupan mencegah kekerdilan atau stunting pada anak.

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024