Jakarta (ANTARA News) - Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur menyiapkan Tim Rescue khusus untuk penanggulangan bencana seperti banjir, pohon tumbang, evakuasi kecelakaan lalulintas dan bangunan runtuh di lima wilayah Jakarta.

"Semua anggota sudah siap dalam menghadapi segala macam bencana dan evakuasi," kata Kepala Bidang Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan telah mempersiapkan tim khusus ini dan melatihnya guna mempertajam keahlian dalam mengevakuasi korban di berbagai macam bencana alam dan bangunan runtuh seperti gempa.

"Tim ini akan bergerak cepat mengevakuasi korban yang terjebak di bangunan yang runtuh dengan memakai detektor suhu badan, suara dan gerak sehingga kita bisa cepat menemukan korban yang terjebak direruntuhan gedung," katanya.

Ia menambahkan Tim Rescue disiapkan untuk membantu evakuasi lokasi bencana di Jakarta dan luar Jakarta sesuai kebutuhan dari wilayah yang terkena dampak musibah.

"Untuk mengevakuasi korban di provinsi lain kami siap membantu, tim ini pernah terlibat evakuasi korban tsunami Aceh dan gempa Padang, kalau Gubernur perintahkan untuk membantu evakuasi kami siap kapanpun," katanya.

Selain itu Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Timur juga melakukan koordinasi dengan beberapa lembaga yang berhubungan dengan bencana di wilayah Jakarta guna menjaring informasi dan tanggap menanggulangi bencana.

"Kami saling berbagi informasi kepada Jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Dinas Kesehatan, Sosial, Satpol PP agar penanggulangan bencana dapat ditanggulangi lebih awal dan cepat," katanya.

Pewarta: M Agung Rajasa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014