Surabaya (ANTARA) -
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan komitmennya membantu institusi pemadam kebakaran (damkar) se-Indonesia meningkatkan kompetensi para petugas untuk mengoptimalisasi kinerja di lapangan.

"Kualitas kompetensi yang akan terus ditingkatkan, karena Kementerian Dalam Negeri adalah pembina dan pengawas fungsi pemadam kebakaran," kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, seusai acara Hari Ulang Tahun ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional, di Lapangan Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jumat.
 
Tito menyatakan peningkatan dari segi kemampuan petugas juga untuk menunjang batas waktu penanganan kejadian kebakaran atau quick respon.
 
"Makin cepat penanganan damkar semakin baik, tetapi juga tergantung kemampuan petugas, kemudian juga teknologi, hingga lalu lintas jalaran raya, serta banyak komponen lainnya," ujarnya.

Baca juga: Tito dorong Polri perkuat keamanan arus transportasi jelang Ramadan
 
Di kesempatan sama, Tito juga mengapresiasi peran seluruh jajaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Indonesia yang punya tugas penting membantu mengatasi kejadian kegawatdaruratan di lingkungan masyarakat.
 
Sebab, kata dia, seluruh pasukan selama ini tak pernah pandang bulu dalam merespon setiap kejadian.
 
"Damkar ini adalah visinya penyelamatan dari yang berat dan ringan-ringan, masyarakat banyak yang meminta bantuan seperti penyelamatan kucing, anjing, melepaskan cincin yang tidak bisa keluar, dan lain-lain," ujarnya.
 
Sebagaimana diketahui, perayaan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional digelar meriah di Lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya.

Pada kesempatan tersebut juga ditampilkan atraksi dan simulasi proses penyelamatan oleh petugas pemadam kebakaran dari sejumlah kabupaten/kota di Indonesia.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya Laksita Rini mengatakan peserta acara merupakan petugas pemadam kebakaran yang berasal dari beberapa wilayah kabupaten/kota.
 
Rangkaian acara dibuka dengan kompetisi bertajuk "National Fire Fighter Skill Competition" (NFSC) 2024, pada Selasa (27/2).

"Kalau yang ikut 131 wilayah kabupaten/kota yang punya damkar mandiri. Kemudian ada teman-teman Kemendagri dan forkopimda totalnya ada 400 orang, peserta upacara 1.050 orang," ucapnya.

Rini mengapresiasi peran banyak pihak yang telah membantu menyukseskan seluruh rangkaian hingga puncak acara HUT ke-105 pemadam kebakaran.
 
"Alhamdulillah terima kasih dukungannya untuk acara ini sehingga lancar dan sukses," kata Rini.

Baca juga: UPTD Damkar Tanjung Uban Bintan tangani karhutla 15 hektare
Baca juga: Damkar Bandarlampung evakuasi bayi 3 bulan dari jebakan banjir

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024