Dari 69 formasi yang tersedia, sebanyak 2.833 orang mendaftar
Amuntai, Kalsel (ANTARA News) - Formasi tekhnik pengairan pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, tidak ada pelamarnya.

"Hingga hari terakhir pendaftaran CPNS, Minggu, formasi teknik pengairan tidak ada peminatnya," kata Kepala Bidang Pengadaan Pegawai dan Informasi data BKD HSU, Taufik, di Amuntai, Selasa.

Pemkab HSU mendapatkan jatah merekrut CPNS 69 formasi, dan satu formasi untuk teknik pengairan kosong tidak ada pelamarnya.

"Dari 69 formasi yang tersedia, sebanyak 2.833 orang mendaftar," kata dia.

Ia menduga formasi ini tidak ada peminatnya karena langkanya kualifikasi jenis pendidikan yang dicari atau pelamar lebih memilih tempat lain dibandingkan HSU.

Mengisi formasi tehnik pengairan dibutuhkan S1 atau Diploma IV tehnik pengairan atau irigasi yang penempatannya jika lulus seleksi adalah di Kantor Pekerjaan Umum.

Tenaga tehnik pengairan diperlukan Kabupaten HSU seiring operasional saluran irigasi polder Alabio yang cukup vital untuk meningkatkan produksi pertanian di kawasan itu.

Selain teknik pengairan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) HSU juga kesulitan memperoleh peminat untuk formasi dokter gigi.

"Kita kesulitan mencari tenaga dokter spesialis yang mau bekerja di daerah, apalagi HSU adalah daerah tertinggal, buktinya Rumah Sakit di Amuntai hingga kini masih berkutat dengan masalah kekurangan dokter spesialis dan dokter gigi," katanya.

Formasi untuk dokter gigi bisa terisi meski hanya satu pelamar, demikian pula formasi dokter umum yang dijatah untuk tiga orang, terisi pelamar tiga orang.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014